BAJAWA, FLORESPOS.net-Sekolah Dasar Inpres (SDI ) Beiposo, Desa Beiwali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada keluar sebagai juara pada Turnamen Futsal Spensa Bajawa Cup VI 2024.

Tim Futsal SDI Beiposo menumbangkan lawan beratnya SDK Ngoranale, Kecamatan Bajawa dengan skor tipis 6-5. Pertandingan final berlangsung di Lapangan Futsal SMPN 1 Bajawa pada Selasa (26/3/2024) malam.

Atas kejuaraan ini Tim Futsal SDI Beiposo memperoleh piala dan uang pembinaan sebesar Rp 5 Juta.

Kepala SDI Beiposo Evinolia Philomena Doy kepada Florespos.net, Rabu (27/3/2024) menjelaskan Tim Futsal SDI Beiposo baru pertama terlibat dalam Turnamen Futsal yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Bajawa atau Spensa Cup.

Dia mengaku bersama para guru, orang tua, komite sekolah dan masyarakat Desa Beiwali dan Wawowae merasakan kegembiraan atas prestasi yang diraih tim futsal SDI Beiposo.

Kata dia, Damianus Rege dan Ardus Ture, dua guru yang melatih Tim Futsal SDI Beiposo juga telah memberikan yang terbaik bagi anak asuh yang juga anak didik mereka hingga mencapai puncak prestasi, juara 1.

SDI Beiposo sendiri belum memiliki lapangan Futsal maka lapangan futsal SMPN 4 yang lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan sekolah itu menjadi tempat latihan anak-anaknya dalam bermain Futsal.

Dia menambahkan dukungan yang luar biasa diberikan oleh orang tua dan masyarakat setempat dalam kegiatan ini. Mereka sukarela menyumbangkan kendaraan untuk akomodasi dan transportasi selama turnamen dan banyak juga yang menyumbang berupa uang untuk kelancaran mengikuti kegiatan turnamen.

“Sebagai Kepala Sekolah saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan semua pihak terutama warga 2 desa yakni Wawowae dan Beiwali,” tambahnya.

Dia menambahkan, kegiatan Futsal serta lomba dance yang diselenggarakan oleh Spensa Bajawa sangat erat kaitannya dengan upaya pengembangan bakat dan minat anak baik dalam bidang olahraga maupun seni.

Kegiatan ekstrakurikuler memang perlu didukung karena anak dilatih untuk mengembangkan minat dan bakatnya juga dapat berkompetisi di luar sekolah.

Dengan kejuaraan yang diraih tentunya menjadi sebuah tantangan agar dapat mempertahankan apa yang diperoleh dengan terus mengembangkan minat dan bakat anak.

Kata dia, hal lain yang diperoleh adalah mental dan semangat anak juga dipupuk untuk menjadi anak yang berprestasi serta menimba ilmu dari tim lainnya yang bertanding.

Sementara Kepala Spensa Bajawa, Maria Florida Onasi Raja Lewa dihubungi Florespos.net, mengatakan kegiatan Turnamen Futsal Spensa Bajawa Cup VI diikuti oleh 24 Tim Futsal tingkat sekolah dasar.

Dari 24 tim, 1 tim dari Kecamatan Aimere dan 1 tim berasal dari Kecamatan Jerebuu. Sedangkan sisanya 22 tim berasal dari Kecamatan Bajawa.

Menurutnya Turnamen Futsal Spensa Bajawa sudah dilaksanakan 6 kali. Turnamen ini bertujuan memberikan motivasi kepada peserta didik khususnya anak SD agar dapat mengembangkan bakat dan minat mereka terhadap olahraga futsal sehingga mereka dapat dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, katanya, bertujuan memperkenalkan Spensa Bajawa atau promosi sekolah agar anak-anak yang tamat SD dapat menyalurkan pendidikan SMP di Spensa Bajawa yang mana merupakan sekolah yang tidak hanya mengedepankan kemampuan akademik namun juga kegiatan minat dan dan bakat anak.

Kata dia, bertepatan dengan kegiatan turnamen Futsal diselenggarakan pula kegiatan lomba dance yang diikuti oleh sekolah-sekolah yang terlibat dalam kegiatan turnamen Futsal itu sendiri.

Lomba dance juga dimaksudkan agar anak-anak menampilkan dan estetika yang tidak saja anak laki-laki namun melibatkan pula anak perempuan karena dapat mengembangkan keterampilan selain olahraga juga seni.

Pihaknya senantiasa melibatkan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler baik dalam sekolah maupun luar sekolah untuk bidang seni maupun olahraga dirinya berharap agar anak-anak didiknya dapat berkembang sesuai bakat dan minat yang mereka miliki dan juga mereka harus cerdas dan dapat mengekspresikan diri kepada masyarakat dengan karakter yang bagus juga kepada sekolah lanjutannya.

Terkait kegiatan turnamen yang diselenggarakan bertepatan dengan musim penghujan sehingga sering mengganggu jadwal yang telah diatur menurutnya bahwa pertimbangan dirinya dan guru-guru adalah pada bulan April banyak libur di samping harus mendampingi anak kelas 9 untuk ujian akhir.

Selain itu harus mengirim siswa-siswi untuk mengikuti lomba Futsal Cup di SMP Ndao, Ende pada tanggal 14 April nanti. Kegiatan lainnya adalah LKTD juga jurnalistik yang harus diselesaikan pada semester ini. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *