LABUAN BAJO, FLORESPOS.net  – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ukir sejarah karena sukses mengamankan kursi pimpinan DPRD setempat hasil pemilu legislatif (pileg) 2024.

Pada pileg 14 Pebruari 2024 lalu, PKB Mabar memperoleh  suara gemilang yaitu 14 ribut lebih. Angka itu tidak hanya menempatkan 3 wakilnya di kursi dewan setempat, juga sukses mengamankan posisi kursi pimpinan DPRD Mabar periode 2024-2029.

“Hasil pleno rekapitulasi KPU Mabar kemarin dulu, kita dapat tiga kursi. Total suara PKB dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Mabar yaitu 14.592 suara,” ujar Ketua DPC PKB Mabar, Sewargading S.J. Putera kepada media ini di LabuanBajo, Selasa (5/3/2024).

Lanjutnya, bila dibandingkan perolehan suara pada pileg 2019 silam, perolehan suara PKB pada pileg 2024 justru meningkat. Hasil tersebut membuat PKB Mabar meraih suara terbanyak ke 3, setelah Partai Nasdem di peringkat pertama, dan Partai Demokrat diposisi kedua.

Perolehan suara terbanyak ketiga ini, kata Sewargading, memastikan PKB mengunci salah satu kursi pimpinan DPRD Manggarai Barat, yakni kursi Wakil Ketua 2 periode 2024-2029.

Hasil tersebut juga menjadi catatan sejarah baru karena sejak Pemilu 2004 silam,  ini merupakan kali pertama PKB Manggarai Barat menduduki kursi pimpinan dewan setempat (DPRD Mabar), ujar Sewargading.

Lanjut Sewargading, pada Pileg 2019, PKB Mabar juga memperoleh 3 kursi di DPRD Mabar. Tetapi kalah jumlah suara keseluruhan dengan PDIP dan PAN yang juga sama-sama peroleh 3 Kursi, sekaligus mendapatkan posisi Wakil Ketua 1 (PDIP) dan Wakil Ketua 2 (PAN).

Dari hasil pleno rekapitulasi tingkat kabupaten yang telah selesai kemarin, puji Tuhan PKB  memperoleh suara terbanyak ketiga dan berhasil meraih tiga kursi kembali untuk periode 2024-2029, dan sudah dapat dipastikan PKB menduduki unsur pimpinan, Wakil Ketua dua, ujar Sewargading yang juga Anggota DPRD Mabar dan kembali terpilih di Pileg 2024, caleg dari PKB.

Menurut Sewargading yang saat itu didampingi Hendrik, caleg PKB setempat yang gagal terpilih di pileg 2024, pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh kader, caleg, sayap partai dan simpatisan PKB.

Kami segenap keluarga besar PKB mengucapkan terima kasih yang tulus dan sedalam-dalamnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat yang telah mendoakan, memilih dan tumbuh bersama PKB, tambah Sewargading.

Sebelumnya Ketua KPU Mabar, Krispianus Bheda, mengatakan, hampir pasti kursi Ketua DPRD Mabar 2024-2029 tetap Nasdem karena pada pileg 2024 berhasil mengirim 7 wakilnya di dewan setempat.

Sedangkan kursi Wakil Ketua satu, lanjut Bheda, sepertinya dari Partai Demokrat dengan perolehan 4 kursi di dewan setempat, dan kursi Wakil Ketua dua DPRD Mabar sepertinya dari PKB yang sukses mengirimkan 3 wakilnya di DPRD Mabar, katanya.

Seperti diketahui, Pemilu 2024 digelar bersamaan antara pemilihan presiden (pilpres) dan pileg yang hari pelaksanaannya sama-sama tanggal 14 Pebruari 2024. *

Penulis:Andre Durung/Editor:Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *