LARANTUKA, FLORESPOS.net-Hingga Minggu (25/2/2024) siang, 16 dari 19 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah menyelesaikan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu Serentak 2024.

“Sudah 16 PPK yang selesai pleno. Tersisa 3 PPK masih melaksanakan pleno. Kalau berjalan lancar dan aman, bisa sore atau malam ini 3 PPK juga selesai pleno,” kata Komisioner KPU Flores Timur, Herman Yopi Latu kepada Florespos.net, Minggu (25/2/2024) siang.

Herman Yopi menyebutkan 16 PPK yang selesai pleno, yakni Wulanggitang, Ilebura, Titehena, Demon Pagong, Ile Mandiri, Tanjung Bunga, Adonara, Solor Selatan.

Kemudian, Adonara Timur, Wotanulumado, Klubagolit, Ile Boleng, Adonara Barat, Lewolema, Adonara Tengah, dan Solor Barat.

“Logistik dari PPK yang selesai pleno sebagian sudah kembali ke KPU Flores Timur. Sudah masuk gudang penyimpan logistik, Demon Pagong, Ile Mandiri, Lewolema dan Adonara. Lain sedang bergeser,” kata Herman Yopi.

Tiga PPK/kecamatan yang belum selesai pleno, kata Herman Yopi, yakni Kecamatan Larantuka, Kecamatan Solor Timur, dan Kecamatan Witihama.

“PPK Larantuka masih sisa 23 TPS dari 1 desa dan 4 kelurahan. Solor Timur sisa 19 TPS dari 7 desa dan Witihama 11 TPS dari 2 desa,” katanya.

Pleno PPK Witihama Dipindahkan

Sementara itu, untuk Kecamatan Witihama, pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dipindahkan ke Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur dengan lokasi kegiatan di aula Susteran Panti Jompo PRR Lebao, Kelurahan Sarotari, Kecamatan Larantuka pada Minggu (25/2/2024).

Kabarnya, lokasi pleno dipindahkan ke Larantuka karena alasan keamanan dan situasi yang tidak kondusif sejak hari pencoblosan hingga Sabtu (24/2/2024).

“Sejak hari pencoblosan sampai hari ke 10 pleno rekapitulasi PPK, situasi dan kondisi tidak kondusif,” kata Kasat Rekrim Polres Flores Timur Iptu Lazarus Martin Ahab La’a kepada wartawan di lokasi aula Susteran Panti Jompo PRR Lebao.

Kata Iptu Lazarus, pemindahan lokasi pleno dilakukan karena alasan keamanan. Pleno PPK Kecamatan Witihama masih tersisa 12 TPS pada 2 desa dengan rincian Desa Sandosi TPS 1 sampai TPS 5, Desa Oringbelen TPS 1 sampai TPS 6 dan 1 TPS Lamaleka.

“Pindah lokasi karena alasan keamanan. Kemarin, Sabtu (24/2/2024) sekitar pukul 17.00 Wita, kami bersama PPK dan petugas lainnya bergeser ke Larantuka. Dan hari ini, Minggu (25/2/2025), pleno PPK Witihama di Larantuka berjalan lancar dan kondusif,” katanya.

Pantauan Florespos.net, Minggu (25/2/2024) siang hingga petang, pleno PPK Witihama di aula Susteran Panti Jompo PRR Lebao berjalan lancar dan aman.

Pelaksanaan dipantau langsung oleh Ketua KPU dan komisioner KPU Flores Timur lainnya. Selain itu, pelaksanaan pleno PPK Witihama, juga dijaga oleh personil Polres Flores Timur. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *