ENDE, FLORESPOS.net-Lembaga pendidikan SMPS Kelimutu adalah salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Ende, Provinsi NTT.

Sebagai sekolah penggerak SMPS Kelimutu melaksanakan  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah.

Implementasi dari P5 tersebut ratusan siswa- siswi mengunjungi tiga rumah adat di Ende. Kegiatan ini mengambil tema “Beda Itu Menyenangkan”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (22/2/2024) pagi di tiga rumah adat yaitu rumah adat Desa Wolotopo, Saga dan Woloare.

Kepala SMPS Kelimutu, Yerty Herawaty Meynar kepada Florespos.net, mengatakan kegiatan ini adalah Implementasi P5 yang dilaksanakan di sekolah.

“Saat ini kita masuk pada projek ketiga. Kita mengenalkan anak – anak tentang ritual adat perkawinan dan ritual adat lainnya di tiga rumah adat. Siswa dibagi dalam tiga kelompok dan setiap kelompok didampingi empat orang guru,” katanya.

Kata Yerty Herawaty, tujuan dari kunjungan ini agar anak – anak mendengar langsung, melihat dan mengetahui ritual adat perkawinan serta budaya di tiga kampung adat di Kabupaten Ende. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa.

Ketua Yayasan SMPS Kelimutu, Sudrasman Arifin Nuh yang hadir saat pelepasan siswa ke tempat kegiatan mengatakan yayasan mendukung kegiatan tersebut.

Dikatakannya kegiatan seperti sangat bermanfaat bagi siswa untuk mengenal budaya Ende-Lio.

“Kegiatan ini sangat relevan dengan realitas saat ini. Anak – anak mesti dikenalkan dengan budaya lokal agar kekayaan budaya lokal ini tetap dilestarikan atau tidak hilang tergerus zaman,” katanya. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *