LARANTUKA, FLORESPOS.net-Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Kamis (22/2/2024), menurunkan Tim Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) melakukan verifikasi kerusakan rumah akibat bencana angin puting beliung di Desa Ile Padung, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Diketahui, bencana angin puting beliung menerjang Dusun Riangtobi dan Dusun Riangmotong, Desa Ile Padung, Kecamatan Lewolema pada Senin (22/1/2024).

Akibat bencana itu, sedikitnya 17 rumah warga dan 2 rumah fasilitas umum rusak ringan, sedang dan rusak berat.

Disaksikan Florespos.net, sebelum turun melakukan verifikasi langsung di lokasi, Tim PSKBA Kemensos RI didampingi Kepala Dinas Sosial Flores Timur Benediktus Bolibapan Herin bertemu Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi di ruang kerjanya.

“Kita turun verifikasi rumah warga yang rusak akibat bencana angin puting beliung,” kata Amar Hanis Kobana, Tim PSKBA kepada Florespos.net, usai bertemu Penjabat Bupati, Kamis (22/2/2024).

Dia mengatakan, Tim PSKBA Kemensos turun melakukan verfikasi atas usulan bantuan bahan bangunan rumah dari Dinas Sosial Kabupaten Flores Timur. Hasil verifikasi tersebut akan dilaporkan ke pimpinan untuk kemudian ditindaklanjuti.

“Nanti ada bantuan material/bahan bangunan rumah bagi warga terdampak angin puting beliung. Hasil verifikasi yang kami lakukan ini akan kami laporkan ke pimpinan,” katanya.

Menurut dia, bantuan yang akan disalurkan Kemensos RI dalam bentuk material bahan bangun. Teknisnya, kata dia, bantuan langsung kepada penerima melalui rekening dan uangnya digunakan atau dibeli material bahan bangun.

“Besaran bantuan tergantung dari verifikasi ini. Bantuan hanya untuk kerusakan saja. Misalkan, rumah rusak pada seng, maka dibantu atau dibelanjakan seng. Dan kalau hancur total, maksimal bantuan sebesar Rp 25 juta,” katanya.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi pada kesempatan menerima Tim PSKBA menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI yang begitu besar memberikan perhatian terhadapa bencana yang terjadi di Kabupaten Flores Timur.

“Atas nama Pemda dan masyarakat, saya menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI yang memberi perhatian begitu besar mulai dari bencana Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan angin puting beliung Desa Ile Padung,” katanya.

Kepada masyarakat yang nantinya menerima bantuan bahan bangunan, Doris Rihi mengharapkan, agar dimanfaatkan secara baik sesuai peruntukkan.

Sebelumnya, data Kecamatan Lewolema menyebutkan, 17 rumah warga dan 2 rumah fasilitas umum rusak ringan dan rusak berat di Dusun Riangtobi dan Riangmotong, Desa Ile Padung akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

Rumah warga yang rusak umumnya pada bagian atap (seng) dan dinding bambu, atap dan dinding dapur, atap dan dinding WC/KM, meteran listrik dan printer.

Sedangkan dua rumah fasilitas umum, yakni rusak bagian atap Rumah Bersalin Pustu Ile Padung dan bagian atap rumah UPH (Unit Pengola hasil) Mente. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *