ENDE, FLORESPOS.net-Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan suara pemilu serentak 2024  tingkat PPK di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), ada tempat pemungutan suara (TPS) yang harus buka kotak suara.

Meski demikian, secara umum Pleno Rekapitulasi di tingkat PPK pada umumnya berjalan lancar dan aman.

“Pleno dimulai tanggal 19 Februari 2924 sampai hari ke 3 ini berjalan lancar,” kata Ketua KPU Ende, Adolorata Maria da Lopez Bi kepada Florespos.net via pesan WhatsApp, Rabu (21/2/2024) siang.

Adolorata mengatakan hinga hari ketiga, ada dua TPS yang buka kotak suara saat Pleno di tingkat PPK. Dua TPS tersebut, yaitu 1 TPS di Kecamatan Detusoko dan  1 TPS di Ende Utara yaitu TPS di Desa Borokanda.

TPS di Kecamatan Detukeli yaitu TPS 01 Desa Golulada. Alasan kotak suara dibuka karena perbedaan perolehan suara dengan pengguna hak pilih.

” TPS 01 Desa Golulada hitung ulang Sura karena perbedaan perolehan suara dengan  pengguna hak pilih. Setelah hitung ulang sudah klop,” katanya.

Sementara 1 TPS di Kecamatan Ende Utara yang harus buka kotak suara saat Pleno, kata Adolorata, hingga saat ini pihaknya masih menginformsi terkait alasan tersebut.

Kendala lain yang dihadapi saat Pleno Rekapitulasi Hasil di tingkat PPK yaitu beberapa kecamatan mengalami pemadaman listrik namun tidak dalam waktu lama.

“Listrik sempat mati di beberapa kecamatan yang sedang laksanakan Pleno, tetapi tidak sampai 10 menit sudah nyala lagi. PLN Ende juga menempatkan genset di kantor camat,” kata Adolorata.

Adolorata juga menyampaikan hingga hari ketiga pleno di tingkat kecamatan semua anggota PPK dalam keadaan sehat.

“Kita doakan bersama agar semua penyelenggara dari semua tingkatan berada dalam keadaan sehat. Sampai seluruh tahapan Pemilu 2024 berakhir,” katanya.

Hingga Rabu (21/2/2023), tidak ada TPS yang berpotensi dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *