ENDE, FLORESPOS.net-Pasca tiga hari proses pemungutan suara dan pencoblosan 99% kotak suara di 983 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah didistribusikan ke kantor camat.

Pleno di tingkat PPK akan dilaksanakan pada Senin, 19 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan proses di TPS sudah berjalan dan hingga saat ini belum mendapatkan rekomendasi untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Hingga sekarang kami belum dapat rekomendasi. Semuanya aman,” kata Ketua KPU Ende Adolorata Maria da Lopez Bi kepada Florespos.net, Sabtu (17/2/2024).

Menurut dia, hingga Sabtu 17 Februari 2024 pukul 09.30 Wita, ada 1 desa dengan  2 TPS, yaitu Desa Ae Ndoko di Kecamatan Wewaria belum distribusi kotak suara ke kantor camat.

Kendalanya, karena banjir di kali yang berada di wilayah itu sehingga tidak bisa dilewati. KPU Ende tetap melakukan kordinasi dan memastikan hari ini (Sabtu 17/2/2024), didistribusikan ke kantor Kecamatan Wewaria.

Adolorata Maria juga mengatakan saat pelaksanaan pemilu mulai dari pencoblosan, penghitungan suara hingga proses rekaptulasi di TPS ada 3 petugas TPS yang mengalami kelelahan dan sempat dilarikan ke Puskesmas.

Satu petugas di TPS 01 Desa, Maurole Kecamatan Maurole. Petugas itu sempat masuk Puskesmas pada tanggal 15 Februari 2024 dini hari dan kembali ke rumah pada 15 Februari 2024 siang.

Dua orang di Kecamatan Lepkes, pada saat penghitungan suara mengalami kelelahan biasa. Setelah dirawat mereka pulang ke rumah istirahat dan sekarang sudah sehat kembali.

Adolorata Maria juga menyampaikan pleno di tingkat PPK akan dilaksanakan pada Senin 19 Februari 2024.

Pleno PPK sedianya direncanakan pada Sabtu 17 Februari 2024 karena masih ada kendala pada aplikasi Sirekap maka ditunda jadwal pelaksanaan.

“Sebenarnya ada kecamatan yang mulai hari ini 17 Februari 2024, tetapi karena kendala di aplikasi Sirekap yang dialami seluruh wilayah Indonesia sehingga pleno di PPK semoga bisa dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari 2024,” katanya. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *