RUTENG, FLORESPOS.net-Patuh dicontoh apa yang terjadi di Desa Bangka Lao, Kecamatan Ruteng, Kabuoaten Manggarai, Flores, NTT, pada Pemilu 2024 ini.

Seorang petugas Pemilu tetap dan terus bekerja walaupun ayahnya meninggal dunia menjelang hari H, Rabu (14/2/2024).

Petugas Pemilu itu menjabat sebagai Ketua KPPS TPS 05, Hendrikus Su. Dan, ayahnya yang meninggal bernama Tinus Jehudu (80).

Almarhum meninggal di rumahnya di Kampung Ngkor, Desa Bangka Lao, Selasa (13/2/2024) sore ketika para petugas Pemilu sedang dalam tempo tinggi menyiapkan segala sesuatu untuk pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

Kedukaan tersebut tidak membuat seorang Hendrikus mundur dari pelaksanaan tugas negara. Hendrikus tetap dan terus bekerja di TPS 05 Bangka Lao hingga sekarang ini.

Almarhum hingga sekarang belum dikuburkan karena tidak ada warga yang menggali kubur akibat fokus pada pencoblosan Pemilu. Penguburan mungkin baru dilakukan esok hari.

Ketua KPPS, Hendrikus Su mengatakan, perasaannya sangat terluka karena kepergiaan ayahnya itu.

“Kesedihan saya sulit diungkapkan. Tetapi, saya  tetap menjalankan tugas sebagai Ketua KPPS karena ini tugas negara,” katanya.

Kesedihan bertambah karena adiknya tidak penuh mengurus ayahnya karena bertugas sebagai pengaman pada TPS yang sama.

Akibatnya, keluarganya cukup kesulitan untuk mengurus penguburan ayahnya karena sedang fokus menjalankan tugas negara.

Sepanjang hari ini Hendrikus belum beranjak dari tempatnya bertugas untuk datang ke rumahnya dimana ayahnya disemayamkan.

Dikatakan, penguburan direncanakan Kamis (15/2/29/2023). Tentu hal itu atas  bantuan keluarga yang lain.

Atas pengabdian luar biasa itu, PPS Desa Bangka Lao, mengharapkan agar  KPU Manggarai memberikan apresiasi khusus  kepada Ketua KPPS TPS 05.

“Sulit didapat seorang bekerja seperti ini walaupun orang terdekatnya meninggal dunia. Patut diberikan apresiasi ini,” ujar PPS, Ignasius Mahur didampingi rekannya Ermansen Ongkor dan Vinsensius Bandung. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *