LARANTUKA, FLORESPOS.net-Tim Gabungan Pengawasan Pelaksanaan Pemilu Serentak melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang di wilayah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penertiban dilakukan Tim Gabungan Pengawasan terdiri dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Flores Timur, Polres Flores Timur, Kodim 1624/Flores Timur, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Flores Timur dan Kesbangpol Flores Timur berlangsung Minggu (11/2/2024) dini hari.

Sebelum mulai penertiban APK, Tim Gabungan melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara di halaman apel Mapolres Flores Timur dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Flores Timur Ernesta Katana.

Apel Siaga dimulai Minggu (11/2/2024) pukul 00.00 Wita diikuti Bawaslu Flores Timur, KPU Flores Timur, Wakapolres Flores Timur, perwakilan Kodim 1624/Flores Timur, Pol PP Flores Timur, Kesbangpol Flores Timur, perwakilan Panwas Kecamatan Larantuka, dan Pengawas TPS Kecamatan Larantuka.

Ketua Bawaslu Kabupaten Flores Timur Ernesta Katana mengatakan, Tim Gabungan menggelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang sebagai awal dimulainya masa tenang pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024.

Salah satu siaga masa tenang yang diatur undang-undang dan peraturan lainnya, yaitu Bawaslu Flores Timur bersama tim gabungan melaksanakan penertiban APK dan siaga pengawasan selama masa tenang agar masa tenang berjalan dengan baik.

Kata Ernesta, Siaga Pengawasan Masa Tenang untuk memastikan selama masa tenang tidak ada lagi kampanye dalam bentuk apapun, tidak ada lagi alat peraga kampanye yang terpasang dan tidak boleh ada politik uang.

“Pastikan, bahwa tidak ada lagi kampanye dalam bentuk apapun, tidak ada lagi alat peraga kampanye yang terpasang dan tidak boleh ada politik uang selama masa tenang.”

Ernesta mengimbau masyarakat Flores Timur dan semua pihak mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024.

Sebelumnya, terkait APK, Ketua Bawaslu Ernesta Katana mengatakan, pihaknya sudah mengimbau peserta pemilu (parpol, capres, caleg) untuk secara mandiri membersihkan APK yang terpasang.

Namun hingga Minggu (11/2/2024) pukul 00.00 Wita, masih banyak APK dalam bentuk baliho, stiker dan bentuk lainnya yang terpasang di ruang-ruang publik dan halaman rumah warga terutama di Kota Larantuka.

Disaksikan Florespos.net, setelah Apel Siaga, Minggu dini hari, Tim Gabungan turun membersihkan dan menurunkan APK kecuali bendara partai politik.

Semua APK peserta Pemilu 2024 yang masih terpasang dicopot dan dibawah ke Kantor Bawaslu Flores Timur. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *