BAJAWA, FLORESPOS.net-Kevikepan Bajawa, Keuskupan Agung Ende, mencanangkan Kelompok Umat Basis (KUB) Peduli Ibu hamil. Pencanangan dilakukan dalam perayaan ekaristi di Gereja MBC Bajawa, Minggu (4/2/2024).

Dalam perayaan ekaristi yang dipimpinnya, Koordinator Kevikepan Bajawa RD Gabriel Idrus mengatakan, Musyawarah Pastoral (Muspas) VIII Keuskupan Agung Ende berlangsung tanggal 27 sampai 30 Oktober 2021 telah menghasilkan rencana-rencana strategis untuk melaksanakan secara bersama.

Salah satu rencana strategis yang menjadi sebuah gerakan bersama yang dilakukan di seluruh Keuskupan Agung Ende dalam tahun Pastoral  2024 adalah Gerakan KUB Peduli Ibu Hamil.

Gerakan ini didasarkan pada cinta Allah kepada kehidupan yang sedang dijaga dan dirawat dengan penuh cinta dan tanggung jawab oleh para ibu hamil beserta suami, keluarga dan lingkungan sekitar sebagaimana yang dinubuatkan Nabi Yeremia.

Menurut Romo Idrus, seorang ibu hamil nantinya melahirkan manusia baru dan itu adalah tanggung jawab seluruh warga, sehingga keterlibatan semua pihak sangat diperlukan termasuk mulai dari keluarga dan KUB.

“Pencanangan KUB Peduli Ibu Hamil dilaksanakan serentak di Keuskupan Agung Ende juga berarti penantian seorang anak yang dilahirkan oleh ibunya bukan hanya tanggung jawab ibu itu sendiri,” ungkap Romo Idrus.

Selain itu, Lanjut Romo Idrus, masyarakat sekitar untuk tahu membangun dan memastikan seorang anak dapat lahir dengan selamat tumbuh dan berkembang menjadi orang yang berguna bagi gereja dan tanah air.

“Kerja kolaborasi sangat diperlukan untuk keselamatan ibu dan anak dengan bekerja keras dan bekerja cerdas untuk mendekatkan pelayanan dengan selalu berdoa dan mengharapkan bantuan Tuhan Yesus yang juru selamat,” tegasnya.

Bupati Ngada Andreas Paru dalam sambutan tertulisa dibacakan Plt. Asisten 1 Setda Anastasia Moi mengatakan gerakan KUB Peduli Ibu Hamil yang dicanangkan Keuskupan Agung Ende dan wilayah Kevikepan Bajawa di Gereja MBC Bajawa merupakan sebuah gerakan yang luar biasa.

Bahwa semua harus peduli ibu hamil merupakan satu keharusan dan Pemerintah Kabupaten Ngada memberikan apresiasi atas program ini.

Gerakan Peduli Ibu Hamil merupakan sebuah gerakan mulia karena ibu hamil yang akan melahirkan generasi penerus gereja dan bangsa yang unggul sejalan pula dengan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada yakni terwujudnya masyarakat Ngada yang unggul, Mandiri dan berbudaya.

Pemerintah daerah memberikan dukungan sepenuhnya bagi gerakan ini di mana pemerintah juga telah menyediakan berbagai fasilitas kesehatan.

Hadir pada kempatan itu, sejumlah pimpinan perangkat daerah, Kepala Puskesmas Kota, perwakilan Wahana Visi Indonesia (WVI), Momentum, Tim Smart serta umat Paroki MBC Bajawa. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *