ENDE, FLORESPOS.net-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali melakukan skrining kesehatan rutin bagi seluruh tahanan yang baru masuk ke dalam Lapas, Sabtu (3/2/2024).

Skrining kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tahanan yang baru masuk guna mencegah penyebaran penyakit menular di dalam Lapas.

Skrining kesehatan yang dilakukan yaitu skrining penyakit menular seperti HIV, Sifilis, dan Hepatitis, serta pemeriksaan RDT untuk mencari tahu ada tidaknya DBD dan Malaria.

Serangkaian tes ini dilaksanakan di klinik pratama Lapas Ende bekerjasama dengan tenaga kesehatan  dari Puskesmas Onekore.

Kalapas Ende, Taufiq Hidayat menyampaikan kegiatan skrining ini diberlakukan kepada semua tahanan dan narapidana yang baru masuk di Lapas Ende guna mengetahui kondisi kesehatan mereka.

“Kegiatan skrining kesehatan ini rutin dilaksanakan bagi seluruh tahanan baru dan narapidana yang baru masuk ke dalam Lapas guna mencegah penyebaran penyakit menular di dalam Lapas,” jelasnya.

Selain melaksanakan skrining kesehatan petugas dari Puskesmas Onekore juga melakukan pemeriksaan pada bak penampung air serta pemberian serbuk abate tiap 6 bulan sekali guna menjaga kebersihan dan mencegah timbulnya sumber penyakit pada bak penampung air dalam Lapas. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *