RUTENG, FLORESPOS.net – Para pendidik yang  juara dalam lomba simulasi pembelajaran pendekatan saintifik dalam rangka HUT IGTKI PGRI Manggarai tahun ini, telah diumumkan. Para pendidik yang masuk grup juara itu, satu di antaranya adalah  pendidik dari TKK Nurul Huda, Reo, Manggarai, NTT.

Momen yang paling ditunggu-tunggu peserta lomba adalah pengumuman kejuaraan yang berlangsung pada puncak HUT IGTKI PGRI ke-73 dan ke-17 di Manggarai di aula Dharma Wanita Ruteng, Selasa (25/5/2023).

Pengumuman dibacakan langsung Dewan Juru, ibu Emilia G. Mega Taran dari Unika St. Paulus Ruteng.

Grup para juara kali ini, yakni juara satu pendidik dari TK Susteran Brando, Ruteng, juara dua, pendidik dari TK St. Fransiskus Asisi Karot, Ruteng, dan juara tiga, pendidik dari TK St. Fransiskus Xaverius Ruteng.

Lalu, juara harapan satu, pendidik dari TK Nurul Huda, Reo, juara harapan dua pendidik dari TK Negeri Ruteng, dan juara harapan tiga dari TKK St. Maria Fatima, Ruteng.

Pengumuman para juara itu diikuti dengan pemberian penghargaan baik berupa piala, piagam maupun uang pembinaan. Pemberian penghargaan dilakukan para pejabat dari Pemkab, PGRI, dan unsur organisasi yang menaungi IGTKI Manggarai.

Sebelum mengumumkan kejuaraan, ibu Mega Taran  dari Unika St. Paulus Ruteng sempat memberikan evaluasi atas pelaksanaan perlombaan simulasi pembelajaran pendekatan saintifik. Evaluasi perlu untuk diperhatikan untuk kegiatan selanjutnya.

“Secara umum dilaksanakan bagus. Dari apa yang terjadi bisa diketahui mana pendidik yang telah menyiapkan secara baik dan mana kurang dan bahkan minim persiapan,”katanya.

Dikatakan, bukti bahwa ada minim persiapan itu, ada enam peserta yang harus didiskualifikasi dari perlombaan. Dasarnya, para peserta itu tidak mengikuti ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya.

Menurutnya, apa yang menjadi catatan pada perlombaan kali ini kiranya menjadi bahan evaluasi pada tingkat TK masing-masing. Dengan itu, untuk perlombaan tahun depan kalau masih ada bisa tampil lebih baik dan menyakinkan.

Ketika itu, Ketua PGRI Manggarai, Yohanes Don Bosko memberi apresiasi tinggi kepada IGTKI PGRI Manggarai yang begitu kreatif baik dalam meningkatkan sumber daya guru maupun anak-anak usia dini. Publik tahu itu.

“Lanjutkan terus semua yang baik yang telah mulai dilaksanakan. Bangun terus kerja sama dan bersinergi dengan elemen lain dalam meningkatkan kapasitas dan mutu peserta didik,” katanya. *

Penulis:Christo Lawudin/Editor:Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *