BAJAWA, FLORESPOS.net-Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Julie Sutrisno Laiskodat didampingi Bupati Ngada Andreas Paru, Senin (27/3/2023) menyerahkan 250 ekor sapi dari program bantuan 1.000 Desa Sapi sekaligus pencanangan penandaan ternak sapi dan kerbau tahun 2023.

Anggota Komisi IV DPR RI itu datang memenuhi janjinya untuk membantu pengembangan peternakan sapi bagi masyarakat di Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada.

Penyerahan sapi, penandaan sapi dan kerbau tersebut dilakukan di Rens Sapi, Kelompok Rens Sapi Ngara 2.

Julie Laiskodat usai penyerahan kepada Florespos.net mengatakan penantian dirinya datang untuk menetapi janjinya kepada masyarakat pada 3 tahun lalu.

Menurutnya, pernah ada pengadaan sapi, namun karena sapi yang didatangkan tersebut tidak sesuai spek sehingga dirinya minta untuk masyarakat tidak boleh menerimanya.

Menurutnya, Gubernur NTT dengan program pariwisata dan  program pariwisata perlu didukung oleh banyak hal di mana tagline Bupati Ngada Tante Nela Paris yang berarti Tani, Ternak, Nelayan dan Pariwisata yang ada kaitannya satu sama lainnya.

Dirinya sebagai anggota DPR RI dan berada di Komisi IV di mana salah satu potensi Kabupaten Ngada adalah Peternakan sehingga sangat sinkron dengan program Pemerintah Kabupaten Ngada saat ini.

“Saya tidak memilih kabupaten lain untuk pengembangan peternakan ini karena sesuai dengan kondisi wilayah dan potensi yang dimiliki,” ungkapnya.

Apa yang dilakukan merupakan sebuah pertaruhan politik dan dirinya memilih Kabupaten Ngada di mana Rens yang ada di Riung Barat ini lebih bagus dibandingkan dengan Australia wilayah yang pernah didatanginya sehingga sangat layak untuk pengembangan Pariwisata.

Dirinya ingin agar Sapi yang dikembangkan nantinya para peternak mempunyai cara berpikir dalam usaha peternakannya untuk sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional agar bisa lebih sejahtera.

Pengembangan di 5 Rens pada 5 desa di Kecamatan Riung Barat yang mengembangkan program ini diharapkan juga menjadi pilot project yang juga membuktikan bahwa di Kabupaten Ngada peternakannya bisa berhasil mendukung program Pemerintah Kabupaten Ngada saat ini juga replikasi terhadap Bupati lainnya di NTT.

Bupati Ngada Andreas Paru pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa program tersebut dan telah diperjuangkan oleh Anggota DPR RI yakni Julie Laiskodat merupakan sebuah perjuangan yang luar biasa.

Apa yang dilakukan lewat tugas yang dipercayakan sebagai anggota Komisi IV DPR RI telah diwujudnyatakan untuk kepentingan rakyat Kabupaten Ngada.

Berbicara tentang Ngada, menurutnya potensinya adalah pertanian, peternakan, nelayan dan pariwisata sehingga apa yang dilakukan oleh Bunda Julie sudah sangat sejalan dengan apa yang merupakan tugas dan fungsinya sebagai anggota DPR RI Komisi IV.

Petani dan peternak yang sejahtera tentunya membutuhkan dukungan apa yang mereka butuhkan sehingga tingkat kesejahteraannya dapat tercapai.

“Sangat sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Ngada saat ini dengan Tagline Tante Nela Paris,” ungkapnya.

Pemberdayaan petani, peternak , nelayan dan pariwisata sudah menjadi komitmen pemerintah daerah dan salah satu wujud konflik dari pemberdayaan peternak telah dilakukan Ibu Julie Laiskodat sebagai anggota DPR RI Komisi IV.

“Ibu Julie bukan hanya bantu sapi saja namun telah berikan bantuan seperti traktor dan alsintan lainnya yang telah diterima cukup banyak,” tambahnya.

Semua yang dilakukan tentunya bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ngada dan kolaborasi ini sungguh membantu pemerintah daerah Kabupaten Ngada dengan berbagai keterbatasan anggaran sehingga membutuhkan campur tangan dan kolaborasi dari semua pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ngada termasuk para peternak yang ada di Kecamatan Riung Barat.

Hadir pada penyerahan dan penandaan Sapi tersebut Asisten II Setda Kabupaten Ngada, Christian Haning, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Ngada, drh. Felisitas Killa, Kepala Dinas Kesehatan, dr.Ati Due, Kapala Bagian Ekonomi, Dr.Niko Noywuli, Kabag Prokopim Yosep Kello, Camat Riung Barat, Wili Gori, Kepala Desa Ngara Paulus Winga, Ketua Kelompok Rens Sapi Ngara 2, Fladimir Ropan beserta anggota kelompok.

Hadir pula mantan Bupati Ngada, Paulus Soliwoa dan Anggota DPRD Kabupaten Ngada, Yosep Bey yang juga adalah Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Ngada.*

Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *