RUTENG, FLORESPOS.net– Pemerintah dan masyarakat Kelurahan Bangka Leda bekerja sama dengan civitas akademika SMK St. Aloysius Ruteng melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sekitar Air Terjun Cunca Murung yang berlokasi di Sungai Wae Lerong Kelurahan Bangka Leda, Ruteng, Sabtu (25/3/2023).

Lurah Bangka Leda Gregorius Ishak Genggor mengatakan, kegiatan yang tersebut diadakan dalam rangka Memperingati Hari Air Sedunia.

Besar harapanya agar kegiatan penghijauan serupa dapat terus dilakukan agar meminimalisir ancaman tanah longsor serta menjamin tersedianya air bagi kelangsungan ekosistem maupun terpenuhnya kebutuhan irigasi masyarakat Bangka Leda.

Sementara bibit  yang ditananam saat kegiatan merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan.

Sementara itu Silvester Armin Baeng mewakili SMK St Aloysius Ruteng menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan merupakan salah satu kontribusi lembaga pendidikan dalam menjaga lingkungan hidup sekaligus memberi pengalaman bagi para siswa didik untuk belajar mencintai alam.

Kegiatan menanam pohon ini juga mau mengimplementasikan proses pembelajaran di sekolah tentang bagaimana membudayakan untuk mencintai lingkungan sekaligus mengedukasi siswa/siswi bagaimana cara menanam pohon yang baik dan benar.

SMK St. Aloysius juga berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan ini di setiap tahun dan akan siap bekerjasama dengan dinas-dinas terkait.

Kawasan di sekitar Air Terjun Cunca Murung diharapkan menjadi spot wisata baru bagi masyarakat Kota Ruteng. Pemandangan alam yang masih alami dan atraksi trekking menjadi daya tarik yang dapat ditawarkan kepada pengunjung.

Pengembangan Kawasan Cunca Murung rencananya melibatkan kaum muda atau Karang Taruna di Kelurahan Bangka Leda.*

Penulis: Albert Harianto/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *