BAJAWA, FLORESPOS.net-Komunitas orang muda Wadju Family terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Mereka turun bersama UPTD Dinas Kehutanan Kabupaten Ngada melakukan penghijauan di sejumlah tempat di antaranya Watu Nariwowo, Langa, Kecamatan Bajawa, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Gerakan Menanam Pohon Kita Ciptakan Lingkungan Bersih, Hijau dan Sehat”. Kegiatan ini merupakan keberlanjutan Program Kerja UPTD Dinas Kehutanan Ngada.

Maher Rani, Ketua Komunitas Wadju Family mengatakan, komunitasnya menyadari pentingnya melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat. Salah satunya penghijauan atau pelestarian alam.

“Kami sebagai generasi muda menyadari pentingnya gerakan penghijauan dalam melestarikan alam khusunya di tanah Ngada,” katanya.

Selain pelestarian lingkungan alam, kata dia, kegiatan ini penghijauan tersebut juga dalam rangka menyongsong hari raya Paskah tahun 2023.

“Ini kegiatan pertama, tapi kedepannya kami berencana untuk buat kegiatan semacam ini lagi. Kegiatan ini juga dalam rangka menyongsong perayaan Paskah tahun 2023,” kata Maher Rani.

Menurut Maher Rani, terpilihnya lokasi Watu Nariwowo sebagai upaya meningkatkan wilayah hijau di daerah Ngada. Selain itu untuk menambah nilai estetika di kawasan yang menjadi salah satu destinasi pariwisata tersebut.

Dia mengatakan, anakan tanaman yang dipilih, yakni buah-buahan. Targetnya, penanaman pohon MPT (Multi Purpose Tress) dengan tujuan penghijauan, tetapi daun maupun buahnya bisa berguna dan produktif.

“Bagus apabila wisatawan ke Watu Nariwowo sambil makan buah-buahan sepanjang jalan,” kata Maher Rani.

Diharapkan pohon buah-buahan itu dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar Watu Nariwowo. Terdapat jenis anakan bibit yang di tanam, yakni jambu biji, jambu air, kelengkeng dan mangga.

Raymundus Nua, Bagian Analisis Informasi mengharapkan pohon-pohon yang telah ditanam itu dapat bertumbuh baik dan berguna bagi masyarakat.*

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *