ENDE, FLORESPOS.net-Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Ende, Selasa (28/2/2023) meminta Dinas Sosial mendata seluruh penyandang disabilitas di Kabupaten Ende.

Mensos meminta Dinas Sosial mendata disabilitas sesuai kecacatan dan diserahkan ke Kementrian Sosial RI.

“Pemerintah Kabupaten Ende melalui Dinas Sosial segera data seluruh disabilitas di Ende dan diserahkan ke Kementrian Sosial,” kata Mensos RI, Tri Rismaharini pada sela- sela acara penyerahan bantuan perahu motor kepada nelayan di Ende.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Keuskupan Agung Ende (PPDKAE), Kristina Pero diminta tanggapanya, Selasa (7/3/2023), mengatakan pihaknya sangat senang ada perhatian dari pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial.

Dikatakannya pasca kunjungan dari Mensos di Ende, Dinas Sosial sudah berkordinasi dengan PPDKAE untuk melakukan pendataan di lapangan.

“Dinas Sosial sudah berkordinasi dengan PPDKAE dan kami akan membantu melakukan pendataan di lapangan,” katanya.

Kristin mengatakan berdasarkan data yang diterima oleh PPDKAE data penyandang disabilitas di Ende sebanyak 3.699 orang. Data ini diambil pada tahun 2015 – 2016 lalu.

“Ini data secara keseluruhan yang kami terima pada tahun 2016 lalu. Data ini masih secara umum atau belum dipisahkan sesuai dengan  jenis disabilitas atau kecacatan,” katanya.

Kristin juga mengharapakan kedepannya pemerintah tetap melibatkan dan berkordinasi dengan PPDKAE saat melakukan pendataan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Oktavianus Rua Putra mengatakan saat ini Dinas Sosial sedang melakukan persiapan pendataan lapangan. Dikatakannya, pendataan akan melibatkan lembaga dan stakeholder terkait lain.*

Penulis: Willy Aran / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *