MAUMERE, FLORESPOS.net – Para siswa SMAK Frateran Maumere, Kabupaten Sikka, mengikuti kegiatan lomba pekan seni, olahraga, sains dan pentas seni yang dibuka secara resmi Kepala Sekolah (Kasek) SMAK Frateran Maumere, Fr. M. Oswald, BHK, S.Pd, M.M. bertempat di Lapangan lembaga pendidikan itu, Senin  (27/2/2023) petang.

Lomba yanag akan berlangsung hingga 31 Maret 2023 itu mengusung tema “Merdeka Berpikir, Bergerak, Berkarya Untuk Nusantara”.

Kasek SMAK Frateran Fr. M. Oswald, BHK, S.Pd, M.M mengawali sambutannya  mengutip Pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara demikiannya petikannya “Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya, dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.”

Pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara, lanjut Kasek Oswald dinilai masih relevan untuk diterapkan pada dunia pendidikan saat ini dengan tujuan dari pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusiab maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam dunia pendidikan anak perlu diberikan kebebasan dalam belajar, berpikir,dan mengekspresikan serta mengembangkan bakat dan minat mereka.

“Sekolah dalam hal ini pendidik diharapkan mampu menuntun peserta didik agar tidak kehilangan arah dan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki,” katanya.

Menurut Fr. Oswald, SMAK Frateran Maumere merupakan salah satu sekolah unggulan yang mengutamakan kedisiplinan serta mendedikasikan diri untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertakwa, disiplin dan ditopang olehbintelektual serta kemampuan baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Oleh karena itu SMAK Frateran Maumere berusaha mengembangkan kemampuan akademik dan bakat dan minat siswa, hal itu dimaksudkan agar siswa-siswi SMAK Frateran Maumere dapat menjadi bekal untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. Di samping itu pengembangan bakat dan minat siswa di bidang seni,olahraga dan sains sangat diperlukan guna menyiapkan delegasi sekolah untuk menghadapi perlombaa-perlombaan seni,sain dan olahrga yang di adakan baik di tingkat kabupaten,provinsi, nasional maupun internasional, Selain itu dapat meningkatkan persaudaraan antar siswa di SMAK Frateran Maumere,” katanya.

Tujuan

Sementara Ketua Panitia Blasius Moa,S.Pd dalam laporannya antara lain menjelaskan tujuan dari kegiatan itu di antaranya  untuk membantu mengembangkan kemampuan akademik dan bakat minat siswa di bidang seni, olahraga dan sains; sebagai media untuk mencari bibit-bibit baru sekolah untuk menghadapai perlombaan-perlombaan di bidang seni,sains dan olahraga (FL2SN); sebagai ajang untuk mempererat persaudaraan antar siswa di SMAK FrateranMaumere. “Sasaran kegiatan adalah siswa-siswi SMAK Frateran Maumere kelas X dan kelas XI,” katanya.

Blasius merincikan  waktu kegiatan di mana untuk  Pekan seni, olahraga dan sains  dilaksanakan sejak 27 Februari hingga 11 Maret 2023. Sementara untuk pentas seni dilaksanakan pada 31 Maret 2023.

Jenis kegiatan, lanjut Blasius di mana untuk Lomba Bidang Seni  meliputi  solo vocal, tari kreasi, lukis, gitar solo.Untuk  Lomba Bidang Olahraga  meliputi Futsal Putra, Bola Voly Putra, Bola Voly Putri, dan Basket Putra.

Sedangkan untuk lomba Bidang Sains meliputi Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah, Kompetisi Literasi Numerasi, dan cipta baca puisi.*

Penulis: Wall Abulat/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *