RUTENG, FLORESPOS.net – Satuan kerja jalan Nasional Ruteng-Reo di Manggarai dan Ruteng-Matim, NTT sekarang ini dalam kondisi siaga tinggi menghadapi cuaca esktrim sekarang ini.

Siaga tinggi penting sekali agar jika ada gangguan bisa langsung ditangani sehingga lalu lintas kendaraan bisa kembali normal.

Kepada wartawan per telepon, Senin (6/2/2023), PPK 3.3 Jalan Nasional Ruteng-Reo, Djibrael Tuka Rohi mengatakan, prinsipnya selalu siap siaga menghadapi situasi seperti sekarang.

Apakah ada posko atau tidak, pihaknya selalu menjaga agar lalu lintas kendaraan tetap lancar baik kendaraan penumpang, barang maupun angkutan bahan bakar minyak (BBM).

“Kita selalu siaga. Siaga di kantor, juga di lapangan terhadap situasi seperti sekarang. Jalan  vital yang ada harus dalam pantauan tinggi,” katanya.

Dikatakan, siaga penting sekali agar setiap saat keadaan jalan terpantau. Kalau terjadi sesuatu atau gangguan apa saja bisa langsung ditangani. Dengan itu gangguan tidak berlangsung lama.

Menurutnya, untuk sekarang ini, ada gangguan kecil berupa longsoran di pinggir dan bahkan badan jalan pada jalur jalan ke wilayah utara Manggarai raya ini.

Tetapi, petugas di lapangan bisa langsung bergerak untuk membersihkan material longsoran.

Gerak cepat, demikian PPK Djibrael, sudah menjadi standar pekerjaan karena berkaitan dengan pelayanan publik. Kalau  jalan terganggu dalam waktu lama, maka dampaknya banyak sekali, terutama berkaitan dengan pengangkutan BBM ke Ruteng, Lembor, Labuan Bajo, dan Borong.

Kalau BBM sampai tidak tepat waktu, lanjut PPK Djibrael, maka dampaknya sangat banyak untuk publik. Kendaraan tidak bisa ke mana-mana jika BBM tidak ada.

Karena itu, perhatian sangat tinggi pada keamanan dan kenyamanan jalan yang ada agar semuanya lancar dalam situasi apapun.

Kepada masyarakat dan pengendara kendaraan, PPK Djibrael meminta agar waspada tinggi. Warga yang berdiam di pinggir jalan yang bertebing agar selalu siaga saat dan pasca hujan.

Hal ini penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang sama juga untuk pengendara kendaraan agar selalu memperhatikan kondisi sekitar jalan saat melintas. Dengan itu, hal yang tidak diinginkan terhindari.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Manggarai, Yos Jelamu mengatakan, kondisi yang ada memang mengkhawatirkan. Karena itu, siapapun harus waspada tinggi agar tidak menjadi korban dari bencana yang bisa saja terjadi.

“Imbauan kita adalah waspada tinggi dalam suasana hujan yang non stop ini. Yang beraktivitas di pinggir kali atau lereng bukit atau gunung siaga selalu. Demikian juga yang sedang dalam perjalanan waspada tinggi,” katanya. *

Penulis: Christo Lawudin/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *