BAJAWA, FLORESPOS.net – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan(STKIP) Citra Bakti Ngada, melalui himpunan mahasiswa program studi pendidikan musik (HMPS), Sabtu (21/1/2023) menggelar pentas seni bertajuk Pendidikan Musik Dalam Harmoni dengan Balutan Kreasi, Ekspresi, dan Apresiasi Menuju Literasi Bermusik. Pentas seni digelar di auditorium utama STKIP Citra Bakti Ngada.

Pentas seni merupakan salah satu program kerja HMPS dan merupakan luaran mata kuliah yang bertemakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang diikuti oleh mahasiswa program studi pendidikan musik mulai dari semester 1 sampai dengan semester 7.

Menurut Humas STKIP Citra Bakti Ngada, Prisko Djawaria SH.,MH, pentas seni ini dilakukan untuk meningkatkan apresiasi mahasiswa dalam dunia bermusik dan melatih mental serta rasa percaya diri yang tinggi terhadap belantikan permusikan Indonesia.

Selain itu, pentas seni ini juga mampu mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam hal memainkan berbagai macam alat musik, baik alat musik modern maupun tradisional, seperti suling bambu, voi doa, kulintang, alat musik yang terbuat dari bambu, dan sebagainya.

Kordinator Program Studi Pendidikan Musik, Florentianus Dopo, dalam kegiatan pentas seni pendidikan musik menampilkan kontes band maupun paduan suara yang menambah kesan semangat dalam suasana melodi musik.

Adapula pentas seni tari kreasi dan bentuk aransemen musik dalam meningkatkan kreatifitas dalam menciptkan musik.

Dosen Program Studi Pendidikan Musik, Ferdinandus Bate Dopo yang juga adalah salah satu penggagas kegiatan literasi musik mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silahturahmi antar sesama mahasiswa STKIP Citra Bakti bersama para pelaku seni yang ada di Kabupaten Ngada.

Selain itu, memupuk semangat untuk bekerja sama dalam satu harmoni musik dan melodi, meningkatkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa di bidang musik, serta sebagai ajang hiburan bagi para penonton dan tetamu undangan.

Ketua STKIP Citra Bakti Ngada, Dr. Dek Ngurah Laba Laksana, M.Pd menyampaikan beberapa poin penegasan terkait kegiatan kreatifitas mahasiswa musik.

Poin penegasannya, yakni soal produk MBKM yang harus di kemas secara baik, sehingga cita-cita Prodi Musik untuk go nasional dapat terwujud.

Selain itu, ada kerjasama yang baik dalam bidang musik antara para pelaku seni seperti sanggar seni besi bero, dan masih banyak sanggar seni dan budaya yang hadir untuk bisa menjadi partner kerja prodi musik dalam mngimplementasikan program kuliah merdeka belajar kampus mengajar.

Mahasiswa tidak perlu terpaku kuliah di dalam ruangan, tetapi bicara soal musik, mahasiswa harus mampu berkolaborasi dengan pelaku seni dalam mengembangkan potensi diri, kreatifitas dalam memainkan alat musik. *

Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

1 Komentar

  1. Saya merasa bangga dengan pendidikan musik karena apa banyak yg saya belajar dari tmn tmn maupun KK tingkat terimakasih atas kerja sama 🤝

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *