BORONG, FLORESPOS.net-Ketua PKK Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Ny. Theresia Wisang Agas memberikan bantuan telur dan susu untuk ibu hamil (bumil).

Bantuan untuk mendukung kesehatan bumil dan mencegah stunting itu diberikan di Kecamatan Lamba Leda, disela sela acara Natal dan Tahun bersama Keluarga Besar Puskesmas Benteng Jawa, Selasa (10/1/2023).

Theresia Wisang Agas mengatakan angka stunting di Kabupaten Matim beragam sehingga membutuhkan penanganan yang serius. Penanganan stunting pada bayi bukan saja saat bayi lahir, tetapi sejak dalam kandungan.

Menurut Theresia Wisang, hari emas 1000 hari pertama sangat penting dijaga, dirawat dengan acupan yang bergizi. Pemberian makanan tambahan, minum susu, dan makan yang sehat sangat mempengaruhi pertumbuhan janin.

“Kami memberikan bantuan susu dan telur agar anak sehat dan tumbuh dengan baik sehingga nantinya tidak terjadi stunting,” katanya.

Selain anak bergizi, kata Theresia Wisang, ibunya juga harus sehat dan bergizi. Mencegah stunting melalui konsumsi makanan tidak harus makanan yang mahal. Makanan pangan lokal dapat meningkatkan gizi anak-anak.

Theresia Wisang juga mengatakan, masih banyak para orang tua yang malas untuk Posyandu. Posyandu itu sangat penting tidak hanya untuk anak balita.

Menurutnya, Posyandu itu untuk bumil dan menyusui. Posyandu itu, merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuanya, katanya, untuk mencegah kematian ibu dan bayi saat kehamilan, dan persalinan.

Theresia Wisang berharap, TP PKK di setiap tingkatan untuk terus memberi sosialisasi dan edukasi kepada para ibu dari anak-anak terkait upaya pencegahan dan penurunan stunting di wilayah tersebut.

Theresia Wisang juga meminta para suami untuk menjaga dan mendampingi istri hingga proses melahirkan. Juga, para suami menjauh dari bumil dan anak-anak dari asap rokok agar kelak tidak mudah terkenah sakit.

“Momen Natal dan Tahun Baru bersama ini untuk kita saling mendukung para kaum ibu, tidak hanya petugas kesehatan, tetapi peran kepala desa, serta semua masyarakat,” katanya.

Kepala Puskesmas Benteng Jawa, Gradus Hasu pada kesempatan itu mengatakan, momentum Natal dan Tahun Baru bersama para tenaga kesehatan, para pemimpin desa dan tokoh masyarakat untuk bersama mendukung tenaga kesehatan dalam pelayanan di tengah masyarakat.

Hasu menyampaikan terimakasih atas dukungan Ketua PKK Matim. Hadirnya Ketua PKK Matim, memberi semangat baru bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Benteng Jawa.

Hadir saat itu para Kepala Desa, anggota DPRD Dapil Lamba Leda, tokoh agama, tokoh masyarakat, petugas kesehatan, para bumil bersama suami.*

Penulis: Albert Harianto / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *