ENDE, FLORESPOS.net – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende melantik 105 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Ende untuk bekerja pada Pemilu 2024.

Acara pelantikan dilaksanakan di Aula Rumah Bina Kerahiman Ende, Rabu (4/1/2023).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPK dihadiri oleh Bupati Ende, Djafar Achmad, Ketua Bawaslu Ende, Natsir Kotten, pejabat yang mewakili Forkopimda Ende, pimpinan OPD terkait, Camat dan lurah dalam kota serta pendamping rohani.

Acara pelantikan ini dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara, penandatanganan pakta integritas dan bimbingan teknis (Bimtek) bagi anggota PPK.

Ketua KPUD Ende, Maria Adolorata da Lopez Bi usai melantik anggota PPK mengatakan sebanyak 105  PPK yang dilantik ini  adalah peserta terbaik dari enam ratus lebih orang yang mengikuti seleksi. Proses seleksi dilakukan sesuai dengan regulasi meskipun ada cuitan dari publik.

Kata Adolorata cuitan ini menunjukkan bahwa dinamika dan proses demokrasi di Ende sudah maju.

Ketua KPUD Ende juga meminta agar anggota PPK bekerja dengan hati gembira tetapi harus cermat, berintegritas dan loyal. Anggota PPK diminta tetap bekerja sesuai dengan regulasi dan tidak terkontaminasi dengan kepentingan apa pun.

“Bekerja sesuai dengan regulasi, jangan lakukan gerakan tambahan atau gerakan diluar regulasi supaya kita aman dan nyaman dalam menjalani tugas mulia ini,” kata Ketua KPUD Ende.

Ketua KPUD Ende juga mengonfirmasikan bahwa saat ini sedang dilakukan perekrutan anggota Panita Pemungutan Suara (PPS). Sebanyak 834 orang yang akan direkrut jadi anggota PPS di Kabupaten Ende.

Ketua KPUD Ende juga menyampaikan terima kasih kepada pemkab Ende dan semua stakeholder yang telah mendukung seluruh tahapan kegiatan KPUD Ende menuju Pemilu 2024.

Bupati Ende, Djafar Achmad pada kesempatan pelantikan itu  mengatakan 105 anggota PPK yang dilantik ini adalah orang – orang yang berintegritas maka akan melaksanakan tugas dengan baik.

Bupati juga meminta kepada anggota PPK agar tidak memberikan janji kepada siapa pun karena PPK adalah salah satu garda terdepan dalam pesta demokrasi.

“Pemerintah siap mendukung dan menyiapkan ruangan di kantor camat menjadi kantor atau ruangan kerja serta pegawai kecamatan menjadi staf di kantor PPK. Bekerjalah sesuai dengan regulasi dan jangan berikan janji kepada siapa pun untuk menciptakan kualitas demokrasi di Ende,” kata Bupati Djafar.*

Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *