LARANTUKA, FLORESPOS.net-Penjabat Bupati Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si., mendorong percepatan pengoperasian Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah.

PDU sampah yang didorong oleh penjabat Bupati Doris Rihi itu, berlokasi di Desa Lamawalang, Kecamatan Larantuka, atau persisnya berada di bagian utara Pasar Oka-Lamawalang.

“Bapak Penjabat Bupati mendorong agar PDU sampah ini dioperasikan. Kami siap uji coba operasikan PDU ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Flotim, Servolus Satel Demoor kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Sehari sebelumnya, Kamis (1/12/2022), Penjabat Bupati Flotim Doris Rihi meninjau lokasi PDU Sampah di Lamawalang. Doris Rihi saat itu didampingi Kepala DLH Flotim bersama stafnya.

“Beliau sudah melihat gedung dan perlengkapan yang ada, sehingga beliau meminta agar mulai dioperasikan. Prinsipnya kita siap. Kita di bidang teknis siapkan semua hal termasuk anggarannya nanti,” kata Servolus.

Menurut Servolus, PDU Sampah di Lamawalang sesungguhnya sudah dihibahkan oleh Pemerintah Pusat sejak tahun 2020. Namun belum dioperasikan karena kendala anggaran dan saat itu, masih dalam pandemi Covid-19.

“Memang kita dihibahkan sejak tahun 2020, tapi kita belum operasikan PDU ini, karena kendala biaya operasional dan pandemi Covid-19,” katanya.

Servolus menjelaskan, dalam sehari kemampuan olah sampah di PDU bisa mencapai kisaran 10 ton untuk sampah organik dan unorganik.

Sampah organik yang ada diolah menjadi kompos dan sampah unorganik dalam hal ini sampah plasti dioleh lalu dikirim ke Jawa.

“Di PDU sampah ini, kita akan olah sampah organik untuk menjadi kompos dan sampah plastik untuk kita kirim ke Jawa. Secara teknis akan kita hitung dulu untuk kita mulai operasikan,” pungkas Servolus.

Pantauan Florespos.net, di beberapa titik di Kota Larantuka saat ini sudah ada tempat pembuang sampah samentara. Tapi, belum banyak yang membuang dan memilah sesuai jenis sampah, yakni organik dan unorganik.*

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *