Penulis: Arkadius Togo / Editor: Anton Harus

Mbay, Florespos.net-Pekerjaan saluran Irigasi Mbay pada areal persawahan Mbay Kanan, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni pada Skunder 1 dan Skunder 3 hingga saat ini masih terus berjalan. Progres fisik pekerjaan sudah mencapai 31,91 persen dan rencanaanya 20,020 persen.

Hal ini disampaikan Manajer PT. Floresco Aneka Indah, Agung Indra Wardana kepada Florespos.net, Jumat (14/10/2022).

Agung mengatakan pekerjaan saluran Mbay Kanan yakni pada Skunder 1 dan Sekunder 3  di lakukan secara multi years dimulai dari tahun 2022 hingga 2023.

Sumber dana dari Loan Sim URP sebesar Rp. 53. 878. 133.000, 00. Dana tersebut, kata dia, membiayai pekerjaan rehabilitasi bendungan, rehabilitasi saluran induk, rehabilitasi saluran skunder, rehabilitasi tersier dan rehabilitasi pekerjaan saluran pembuangan. Waktu pelaksana 677 hari dengan tanggal kontrak 21 februari 2022.

Pelaksana pekerjaan proyek itu, yakni P. Floresco Alam Indah, Kerja sama operasiona Brand Mandiri Jaya Santosa. Konsultan superfisik dari PT Indra Karya.

Agung mengatakan, paket pekerjaan yang di kerjakan saat ini, yakni membuat saluran pakai dinding beton mengantikan pekerjaan menggunakan pasangan batu.

“Untuk tahun 2022, kita fokuskan perbaikan saluran irigasi pada Skunder 1 dan Sekunder 3. Untuk Skunder 1 perbaikan sepanjang 8 km lebih. Skunder 3 sepanjang 4 km lebih. Sehingga total sepanjang 13 km lebih. Progres fisik sudah mencapai 31,91 persen. Rencananya 20, 020 persen,” ujarnya.

Lanjut Agung, di tahun 2023 pekerjaan mayor. Pekerjaan mayor itu meliputi pekerjaan rehab bendungan di bagian hilir, perpanjang dinding penahan air di bendungan, dan perlanjangan kolam olek.

Disaksikan media ini pekerjaan saluran irigasi pada Skunder 1 hingga saat sudah di pintu 6 wilayah Desa Aeramo. Sementara pada Skunder 3 masih dalam pekerjaan pengecor dinding beton dan lantai dasar.*

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *