Rabu, 21 September 2022, Pekan Biasa XXV – (St Matius, St Fransiskus Jaccard)

Bacaan I: Efesus, 4:1-7.11-13

Mazmur, 19:2-3.4-5

Injil Matius, 13:9-13

“Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai…” – (Mat. 9:9).

Tak ada tatapan sinis. Tak ada pula kata-kata celaan walau dalam cara halus sekalipun. Tak ada niat buruk untuk tetap memandang dalam kerangka kelam dan kusam.

Itulah tatapan Tuhan terhadap Matius di rumah cukai. Pada Tuhan selalu ada kekuatan dahsyat dan membebaskan. Tuhan tak cuma ingin membebaskan Matius dari “penjara” rumah cukai, tetapi ingin melibatkan juga Matius dalam kisah keselamatan.

Matius dan kisah hidupnya adalah “ketidakmungkinan manusiawi!” Namun, pada titiknya, semuanya dikalahkan keagungan Kasih Tuhan. Adakah kabut hidup manusia yang kusam, yang tak sanggup dikalahkan oleh rencana Kasih Tuhan yang dahsyat?

Kekuatan untuk berubah dalam diri sesama sering berawal dari diri kita! Saat kita tetap memiliki mata hati yang indah terhadap sesama. Di situ, cara pandang kita dan terutama cara kita menilai sesama pun sepantasnya tetap dimeterai dalam harapan.

“Memandang sesama dengan bolamata kasih” itulah yang diajarkan oleh St Thomas Aquino. Sinar mata kasih seperti itu juga yang terpancar dari hati Sang Bapa ketika ia senantiasa merindukan  anaknya pulang!

Kita banyak kali menuntut sesama, tetangga, sahabat, rekan-rekan, anggota keluarga kita sendiri dan para lawan kita untuk berubah. Namun, kita tak pernah berani untuk memulai dari diri kita sendiri; untuk membuang jauh-jauh cara penghakiman kita dalam versi apa pun!

Kembali berjalan bersama penuh sukacita sebagai satu persekutuan sungguh membutuhkan keberanian untuk bisa merangkul dan saling melibatkan. Sebab, kita tak pernah berjalan  bersama dalam Kasih Persaudaraan jika sesama tetap kita paku mati dalam “alam rumah lama, rumah cukai, rumah penghakiman.”

Bukankah demikian?

“Verbo Dei Amorem Spiranti”

St Matius, doakanlah kami

Tuhan memberkati

Silahkan dishare :

1 Komentar

  1. I’m so happy to read thiѕ. This is the kind of manuaⅼ that neeԁs
    to bbe gіven andd not the accidental misinformation tһat is at
    the otһer blogs. Apprеciate youг sharing thiѕ best doc.

    Heгe iѕ my web-site top casino sites

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *