Hari Ini, Flores Timur Sambut Tropi Juara Pertama Kampung Adat Lewokluok API Tahun 2021
Penulis: Wentho Eliando/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 03 Des 2021, 13:44:05 WIB Nusa Bunga
Hari Ini, Flores Timur Sambut Tropi Juara Pertama Kampung Adat Lewokluok API Tahun 2021

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Petrus Pemang Liku


Larantuka, Florespos.net-Masyarakat Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini tengah berbangga dan bersukacita.

Kampung Lewokluok, di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Flotim mengikuti Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2021 meraih juara pertama kategori Kampung Adat.

Dari hasil vote yang dimulai Juni dan berakhir November 2021, Kampung Adat Lewoklouk memperoleh rangking tertinggi 63,14 persen atau unggul atas Kampung Adat Desa Sentajo di Kabupaten Kuantan Singingi 29,72 persen, dan Kampung Adat Balai Kaliki, Kota Payakumbuh meraih 2,83 persen.

Baca Lainnya :

Pengumuman hasil Nominasi API Tahun 2021 dari semua kategori berlangsung di Stable Berkuda, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, pada Selasa (30/11/2021).

Hari ini, Jumat (3/12/2021), sesuai rencana, tropi piala dan penghargaan sebagai Kampung Adat Terpopuler pertama API Tahun 2021 bagi Kampung Adat Lewokluok tiba di Kota Larantuka, ibu kota Kabupaten Flotim.

Tropi piala dan penghargaan Lewokluok sebagai Kampung Adat Terpopuler API 2021, dibawah oleh utusan Pemda Flotim dan Kepala Desa Lewokluok.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Flotim, Petrus Pemang Liku, kepada Florespos.net melalui saluran WhatsApp, Jumat (3/12/2021) mengatakan, hari ini masyarakat Flotim umumnya dan Desa Lewokluok, khususnya tengah bersiap menyambut tropi piala dan penghargaan juara pertama kategori Kampung Adat API Tahun 2021, Kampung Adat Lewokluok.

“Siang ini, masyarakat Flotim dan Lewokluok, Blepanawa dan Bama menjemput rombongan dari Pemda dan Kepala Desa Lewokluok yang hadir menerima tropi piala API ini sebagai bagian dari rasa bangga dan sukacita,” katanya.

Sesuai rencana, kata Pemang Liku, tropi piala dan penghargaan selanjutnya akan diarak dari Bandar Udara (Bandara) Gewayan Tana-Watowiti dan penyerahan dari utusan Pemda kepada Bupati Flotim.

“Setelah itu, atas permohonan dari tetuah-tetuah adat desa, piala diarak ke Desa Lewokluok agar diketahui masyarakat luas. Sekaligus syukuran kemudian di arak lagi ke Kantor Bupati,” katanya.

“Profisiat atas prestasi Desa Lewokluok di ajang ini. Ini menjadi kebanggaan kita bersama. Taan Soga Lewo Kepae Tana Narane Lamaholot Flores Timur. Kemenangan ini sebagai prestasi atas kerja keras semua komponen baik di Flotim maupun di luar Flotim,” kata Pemang Liku.

Pemang Liku menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Flotim dan di luar Flotim yang telah memberikan dukungan penuh bagi Kampung Adat Lewokluok dalam ajang nominasi API tahun 2021 tersebut.

“Dukungan yang diberikan oleh semua kita telah berbuah manis dengan ditetapkannya Kampung Adat Lewokluok juara 1 dari 10 nominasi kategori Kampung Adat. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan bagimu semua yang tanpa henti. Hasil ini berkat kerja kita bersama,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Flotim, Heronimus Lamawuran, kepada Florespos.net, melalui WhatsApp, Jumat (3/12/2021) menyampaikan hal yang sama.

Heri Lamawuran mengatakan, hari ini, tropi piala dan penghargaan Kampung Adat Lewokluok API Tahun 2021, akan tiba di Larantuka.

Penyambutan secara adat dimulai dari Bandara Gewayan Tana-Watowiti, lalu penyerahan ke Bupati Flotim dan selanjutnya diarak serta diterima secara adat di Kampung Adat Lewokluok.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment