DKP Ende Akan Gelar Sarasehan dan Lomba Cipta Menu di HPS 2021
Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 13 Okt 2021, 13:45:03 WIB Nusa Bunga
DKP Ende Akan Gelar Sarasehan dan Lomba Cipta Menu di HPS 2021

Mathilda G. Ilmoe, Kadis Ketahanan Pangan Ende.


Ende, Florespos.net - Dinas Ketahanan Pangan  ( DKP) Kabupaten Ende menggelar  dan merayakan  Hari Pangan  Sedunia ( HPS) 2021 tidak dengan acara yang meriah seperti  tahun sebelumnya. Kegiatan  perayaan  HPS pada  tahun ini lebih dikemas dan diarahkan pada  kegiatan yang bernilai  edukasi. DKP Ende akan menggelar sarasehan dan  Lomba Cipta Menu bagi gerakan PKK Kecamatan mengisi kegiatan  atau perayaan HPS. 

HPS tahun ini mengusung tema " Meningkatkan Ketahanan Pangan dengan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19".

Kepala Dinas   DKP  Endè, Mathilda G. Ilmoe  yang ditemui wartawan, Rabu (13/10/2021) mengatakan,  HPS tahun diselenggarakan tidak semeriah tahun - tahun sebelumnya. Kegiatan ini dikemas biasa saja dan dipusatkan di kota karena  pandemi Covid-19. 

Baca Lainnya :

"Kita gelar acara biasa saja karena  kita tahu bersama masih pandemi Covid-19. Namun acara yang akan dilaksanakan itu memiliki nìlai edukasi dan mengajak warga untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Nona Ilmoe mengatakan bahwa dua mata acara penting yang akan mengisi HPS tahun ini adalah  sarasehan dan Lomba Cipta Menu. Kegiatan sarasehan ini akan menghadirkan 7 pemateri antara lain pemerintah, lembaga keuangan dan praktisi pertanian. 

"Kegiatan  sarasehan ini dilaksanakan pada tanggal  18 Oktober 2021 di aula Garuda kantor Bupati Ende. Tujuh narasumber atau pemateri yang akan memberikan materi yaitu Bupati Ende , Ketua DPRD Ende, pimpinan bank NTT, Pos POM, Direktur  Yayasan Tananua, Kepala Desa Detusoko Barat dan Haki," katanya.

Kegiatan  ini akan dilanjutkan  pada  tanggal  19 Oktober 2021 yaitu lomba cipta menu pangan lokal. Lomba ini akan diikuti  oleh  21 peserta yaitu gerakan PKK di setiap kecamatan. Nona mengatakan, lomba ini mengajak PKK agar berperan menjaga ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19.

"Kegiatan lomba ini akan dilaksanakan di aula Universitas Flores. Kita pilih aula karena tempatnya luas dan juga ada pameran dari pelaku UKM binaan bank NTT," katanya.

Kepala  Dinas Ketahanan Pangan juga mengatakan, selama dua tahun diterpa badai Covid-19, ketahanan pangan di  Ende  aman. Pihaknya mengharapkan agar seluruh pihak tetap bersinergi menjaga ketahanan pangan. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment