Dikebut, Pengerjaan Proyek Turap Baja Penahan Abrasi di Nunang
Penulis: Christo Lawudin/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 22 Okt 2021, 11:04:21 WIB Nusa Bunga
Dikebut, Pengerjaan Proyek Turap Baja Penahan Abrasi di Nunang

Mahmah Dian Mahendra.


Ruteng, Florespos.net – Pengerjaan pengamanan badan jalan Negara yang berlokasi di Kampung Nunang, Desa Bajak, Kecamatan Reok, Manggarai terus dikebut belakangan ini. Pengerjaan turap bajo senilai belasan miliar lebih itu dilakukan untuk menahan abrasi dari kali Wae Pesi.

Seperti disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 33 Mahmah Dian Mahendra kepada wartawan pertelepon di Ruteng, Kamis (21/10/2021), pengerjaan turap baja untuk menahan abrasi kali Wae Pesi di Kampung Nunang dalam tempo tinggi belakangan ini. Hal itu terjadi karena proyek ini baru dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.

"Pengerjaan harus dikebut agar bisa rampung sesuai dengan kontrak akhir tahun ini. Progresnya cukup bagus," katanya.

Baca Lainnya :

Dikatakan, item yang dikerjakan sekarang ini pada bagian inti proyek, yakni galian untuk pelebaran pinggir kali dan mulai dilakukan pemancangan sheet pile (lempengan baja) dipinggir kali. Prosesnya sedang berjalan sekarang ini.

Menurutnya, dalam evaluasi terbaru, galian untuk pelebaran telah mencapai 60 persen dan pemancangan sheet pile sudah masuk 30 persen. Progres proyek sudah pasti akan terus berubah setiap hari karena pengerjaan tidak berhenti.

Pengerjaan turab baja untuk mengamankan badan jalan Negara ini, lanjut PPK Mahmah, harus berpacu dengan waktu dan musim. Kalau sudah musim hujan dan kali Wae Pesi banjir, maka pengerjaan akan sedikit mengalami hambatan. Karena itu, pengerjaan mau tidak mau harus dalam tempo tinggi tanpa mengabaikan kualitas.

Sebelumnya, seorang sopir travel, Herman Tarung mengatakan, mengamankan badan jalan dari kikisan Wae Pesi diwilayah Kampung Nunang sangat tepat mengingat gerusan banjir sudah masuk pinggir jalan. Kalau tidak dikerjakan tahun ini, maka gerusan saat banjir akan kian parah masuk ke badan jalan.

"Kita semua tentu tidak ingin lalulintas kendaraan dari dan ke Reo macet akibat abrasi merusakkan badan jalan. Salut dengan antisipasi yang dilakukan ini," katanya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.