Diharapkan Semua Desa di Manggarai Barat Berkontribusi Dalam Penataan Tata Batas Desa
Penulis: Andre Durung/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 25 Nov 2021, 15:49:01 WIB Nusa Bunga
Diharapkan Semua Desa di Manggarai Barat Berkontribusi Dalam Penataan Tata Batas Desa

Kepala DPMD Mabar, Melkior Nudin


Labuan Bajo, Florespos.net-Semua desa di Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Ternggara Timur (NTT) diharapkan dapat berkontribusi anggaran dalam melakukan penataan tata/peta tapal batas desa.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar melalu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mabar tinggal memfasilitasi kegiatan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas DPMD Melkior Nudin kepada Florespos.net di Labuan Bajo, Rabu (24/11/2021).

Baca Lainnya :

Dijelaskan, total desa di Mabar 164, belum termasuk 31 desa persiapan. Dan sampai saat ini 31 desa persiapan tersebut tetap bernaung di bawah desa induk karena belum definitif.

Belakangan ini, DPMD Mabar melakukan penataan tata batas, pemetaan batas desa, baik desa induk maupun desa persiapan. Semua menggunakan alat untuk mengetahui titik koordinat.

Terkait ini, lanjut Nudin, sedikitnya ada 2 kendala yang dihadapi DPMD, anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas. Khusus anggaran, salah satu efek Covid-19 belakangan berujung pada refokusing anggaran, tidak terkecuali pemetaan tata batas desa dan berbagai hal terkait lainnya.

Kemudian, jumlah desa induk dan persiapan begitu banyak, hampir 200 desa, tentu tidak mungkin dilakukan sekaligus, tapi bertahap, karena jumlah petugas di DPMD terbatas. Pemetaan tidak hanya desa induk tetapi juga desa persiapan. Pemetaan tata batas desa-desa dimaksud ada sudah dan ada pula yang belum.

Khusus soal keterbatasan anggaran, mungkin baiknya semua desa di Mabar mengalokasikan anggaran pemetaan tata batas desa. Dan hal ini dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Kalau hanya batas antara kedua desa, mungkin tidak terlalu kesulitan untuk urus tata batas/pemetaan tapal batas desanya. Tetapi kalau antar desa, lebih dari 2 desa, urusannya rumit, banyak hal terkait, termasuk anggaran.

“Untuk itu, mungkin baiknya semua desa memberi kontribusi anggaran, APBDes. Pemkab Mabar, dalam hal ini DPMD tinggal fasilitasi,” tutup Nudin.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.