Di Kecamatan Satarmese Utara, 25 Calon Kades Siap Berkompetisi
Penulis: Christo Lawudin/Editor: Frans Obon

By Editor Florespos 05 Okt 2021, 13:47:51 WIB Desa Kita
Di Kecamatan Satarmese Utara, 25 Calon Kades Siap Berkompetisi

Camat Satarmese Utara Aloysius Jebarut


Ruteng, Florespos.net-Sebanyak 25 calon kepala desa di Kecamatan Satar Mese Utara, Manggarai, siap berkompetisi, November mendatang. Para calon kades itu berasal dari tujuh desa.

Kepada wartawan per telepon di Ruteng, Selasa (5/10/2021), Camat Satarmese Utara Aloysius Jebarut mengatakan, sesuai dengan data yang ada, jumlah calon yang maju dalam proses demokrasi di desa-desa itu bervariasi.Jumlahnya dari dua hingga empat calon dari setiap desa.

“Total calon yang maju sebanyak 25 orang. Para kandidat sudah melewati semua tahapan proses Pilkades,” katanya.

Baca Lainnya :

Dikatakan, rincian para calon kepala desa itu, yakni Desa Gulung 4 calon, Desa Popo 3 calon, Desa Lia 3 calon, Desa Ling 2 calon, Desa Matawae 4 calon, Desa Cireng 5 calon, dan DesaNao 4 calon kepala desa.

Menurutnya, para calon ini berdasarkan penetapan calon dari setiap panitia Pilkades. Tahapan terbaru yang telah dilakukan, yakni penarikan nomor urut dan kampanye sedang berjalan sekarang ini.

Camat Aloysius Jebarut menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke desa-desa penyelenggara Pilkades agar semua proses dan tahapan harus mengikuti ketentuan aturan yang berlaku. Jauhi hal-hal yang menodai demokrasi di desa.

Di antara yang yang selalu diingatkan, tegas Camat Aloysius Jebarut, seperti menaati protokol kesehatan dan membatasi orang yang hadir tatap muka, menghindari konBik dan tidak boleh ada politik uang. Kepada tim sukses dan pendukung juga tidak boleh melakukan eforia berlebihan.

Sebelumnya, Wabup Heri Ngabut mengatakan, walaupun dalam keadaan pandemi Covid, proses demokrasi di desa harus tetap dilaksanakan dengan baik dengan tidak keluar dari koridor ketentuan aturan yang berlaku.

Aparat desa dan panitia Pilkades harus bekerja terbuka dan transparan dan netral guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita akan terus pantau keadaan di lapangan. Saya berharap semua jalan dalam koridor hingga puncak kegiatan, 11 November,” katanya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment