Bupati Andreas Pimpin Inspeksi dan Parade Traktor TNP
Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 04 Des 2021, 21:24:43 WIB Nusa Bunga
Bupati Andreas Pimpin Inspeksi dan Parade Traktor TNP

Bupati Ngada Andreas Paru saat mengemudikan Traktor Roda Empat pada Parade Alsintan TNP, Jumat (3/12/2021).


Bajawa, Florespos.net - Dalam rangka menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Ngada dibawah kepemimpinan Bupati Ngada, Andreas Paru dan Wakil Bupati, Raymundus Bena peralatan pertanian didatangkan.

Bupati Ngada Andreas Paru, Jumat (3/12/2021) memimpin inspeksi peralatan pertanian berupa traktor roda 4 dan traktor roda 2 atau hand traktor dilanjutkan dengan Parade peralatan dari Lapangan Kartini Bajawa menuju Kompleks Kantor Bupati Ngada.

Inspeksi dan Parade Alsintan diikuti Petugas Pertanian Lapangan (PPL) se Kabupaten Ngada, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngada Paskalis Wale serta sejumlah pimpinan perangkat daerah Kabupaten Ngada.

Baca Lainnya :

Bupati Andreas melakukan pemeriksaan pada sejumlah alsintan di mana 8 buah traktor roda empat dan 50 buah Hand Traktor.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Ngada Hubertus Jelalu dalam laporannya mengatakan pembiayaan pengadaan alat mesin pertanian disebut bersumber dari APBD Perubahan pada Dinas Pertanian Ngada tahun anggaran 2021 berupa pengadaan traktor roda empat sebanyak 6 unit dengan pagu anggaran sebesar Rp2.947.000.000 sedang dua unit berasal dari bantuan pemerintah provinsi.

Untuk pengadaan traktor roda dua sebanyak 50 unit dengan pagu anggaran sebesar Rp1.500.000.000 juga ada pengadaan Power Thresher sebanyak 10 unit dengan pagu anggaran Rp250.000.000, pengadaan alat bantu panjat cengkih sebanyak 5 unit dengan pagu  anggaran Rp150.000 sehingga total anggaran Rp4.847.000.000.

Sementara itu Bupati Ngada Andreas Paru dalam sambutannya mengatakan pengecekan Alsintan yang baru diadakan tersebut dilakukan agar mengetahui secara pasti kondisi peralatan tersebut sebelum diserahkan kepada Desa penerima.

Pengadaan peralatan tersebut sangat erat kaitannya dengan peningkatan produksi pertanian yang menjadi tujuan utama dalam memanfaatkan Alsintan tersebut.

Peralatan pertanian yang barusan tiba beberapa hari lalu yang diminta untuk pengadaannya dipercepat karena mengejar musim tanam.

Selanjutnya presiden tersebut akan segera diserahkan kepada Desa penerima yang segera pula di lakukan serah terima mengejar musim tanam.

Keterbatasan keterampilan petani peran PPL juga penting agar peralatan pertanian tersebut dapat berfungsi dengan baik untuk bisa memberikan perubahan-perubahan agar pola  tradisional yang selama ini dilakukan harus berani memutuskan mata rantai yang merugikan dalam pengolahan tanah.

Pengolahan tanah dengan baik yang diikuti dengan pemupukan serta pemeliharaan tanaman yang baik diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tanaman yang pada akhirnya dapat memperoleh nilai tambah.

Bupati juga mengajak semua pihak menyukseskan program Tante Nela Paris (TNP) yang adalah program yang sangat sejalan dengan program nasional maupun provinsi dalam rangka ketahanan pangan dan kemandirian pangan serta kedaulatan pangan.

Kolaborasi dengan semua tingkatan di desa hingga pusat sangat penting oleh karena itu program TNP merupakan program nyata harus ditunjukkan dengan bekerja sungguh-sungguh dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sesuai dengan kesepakatan bersama pihak pabrik traktor dan hand traktor tersebut setiap 3 bulan akan dilakukan pemeriksaan terhadap peralatan tersebut termasuk persiapan suku cadang.

“Program TNP apabila ditekuni dan dilaksanakan dengan baik maka dari sinilah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Pantauan Florespos.net usai melaksanakan inspeksi peralatan tersebut Bupati langsung pemimpin parade Alsintan di mana Bupati Andreas membawa langsung traktor roda 4 dari Lapangan Kartini Bajawa menuju Kompleks Kantor Bupati Ngada diikuti kepala dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ngada yang juga Plt Kepala BPBD Kabupaten Ngada Ferdin Burah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Emanuel Kora, teknisi Dinas Pertanian serta sejumlah PPL yang membawa hand traktor. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment