Bupati Djafar Minta Acara Kedinasan pada Semua OPD Wajib Sajikan Pangan Lokal
Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 20 Okt 2021, 12:01:31 WIB Nusa Bunga
Bupati  Djafar Minta Acara Kedinasan pada Semua OPD Wajib Sajikan Pangan  Lokal

Bupati Ende, Djafar Achmad meninjau pameran UMKM dan lomba cipta menu pangan lokal saat puncak HPS ke -41 di aula Gadi Djou, Selasa (19/10/2021).


Ende, Florespos.net - Bupati  Ende, Djafar Achmad menutup rangkaian  acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke - 41 tingkat Kabupaten  Ende di aula Gadi Djou, Selasa (19/10/2021). Acara puncak  HPS di aula Gadi Djou diisi dengan pameran pangan lokal dari  UMKM binaan bank NTT dan lomba cipta menu dari  gerakan PKK 21 kecamatan  di Kabupaten Ende.

Saat menutup keguatan HPS  tingkat Kabupaten  Ende, Bupati  Ende mengajak seluruh  elemen agar mempertahankan pangan lokal. Pemerintah harus berperan nyata dalam upaya membangun ketahanan pangan di daerah, baik melalui  program- program  maupun kegiatan  lainnya. 

Kata Bupati  Ende,memerintahkan pada semua OPD untuk wajib menyajikan menu pangan pangan lokal dalam setiap kegiatan dinas. Setiap desa dan kelurahan wajib sediahkan lahan pangan  dan kembangkan kembali pangan lokal yang hampir punah.

Baca Lainnya :

Bupati Ende juga mengajak warga manfaatkan pekarangan rumah, kantor dan sekolah  sebagai lahan penyedia bahan pangan dengan kegiatan budidaya umbi - umbian, sayur dan buah.

Bupati Djafar  mengajak pemilik hotel, restaurant dan rumah makan di Ende untuk berpartisipasi mempertahankan pangan lokal dengan menyajikan produk pangan lokal.

"Saat pandemi Covid-19 ini pangan tidak boleh  berkurang  karena pangan penopang utama dan kebutuhan  dasar. Kabupaten  Ende telah melaksanakan berbagai program  yang bermuara pada  upaya ketahanan pangan maka pelaksanaan HPS  ini jadi momen untuk tingkatkan ketahanan pangan," katanya.

Pada kesempatan  itu bupati  mengatakan,  untuk mencapai status ketahanan pangan di  Ende masih berat. Angka ketersediaan pangan di  Ende sebesar 77,85 %. Artinya 22,15% masih didatangkan dari luar Ende. Kata Bupati, hal  ini menjadi tantangan bagi Ende karena produksi pangan  dari hasil produksi sendiri sebesar 36.413,94 ton untuk penuhi kebutuhan penduduk Ende sebanyak 270.763 jiwa selama 9 bulan 7 hari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan  (DKP) Endè, Mathilda G.  Ilmoe mengatakan bahwa dalam rangka HPS ke -41 pemerintah menyelengarakan  talk show, sarasehan, dan pameran dari UMKM serta lomba cipta menu pangan lokal. Kegiatan  ini mengajak masyarakat memperkuat kebutuhan pangan dan meningkatkan ekonomi di Kabupaten Ende.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.