Benedikta Meo Dilantik Menjadi Penjabat Kades Bela
Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 04 Des 2021, 16:20:23 WIB Nusa Bunga
Benedikta Meo Dilantik Menjadi Penjabat Kades Bela

Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena saat melantik dan mengambil sumpah Benedikta Meo Dhone sebagai Penjabat Kepala Desa Bela, Jumad,( 03/12- 2021) di aula kantor Desa Bela, Kecamatan Bajawa.


Bajawa, Florespos.net - Untuk mengisi kekosongan jabatan Penjabat Kepala Desa Bela yang telah memasuki masa pensiun sebagai ASN, Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena melantik dan mengambil sumpah Benedikta Meo Dhone sebagai Penjabat Kepala Desa Bela.

Pelantikan tersebut berlangsung Jumad,(3/12/2021) di aula kantor Desa Bela, Kecamatan Bajawa. 

Wakil Bupati Raymundus mengambil sumpah Penjabat Kades Bela disaksikan saksi awan dari unsur pemerintah dan saksi rohani, Pastor Paroki Langa, RD. Wihelmus Bertolomeus.

Baca Lainnya :

Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena mengatakan bahwa masyarakat Bela boleh bergembira sebab telah mendapat seorang penjabat Kepala Desa yang baru.

"Bagi masyarakat Bela, penjabat Kepala Desa yang dipercayakan kepada seorang perempuan merupakan sejarah baru," katanya.

Menurut Wabup Raymundus, seorang Penjabat Kepala Desa mempunyai tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. 

Untuk itu, segera lakukan koordinasi internal untuk membuat perencanaan pembangunan di tingkat desa termasuk kolaborasi dana desa bersama pemerintah Kabupaten untuk mendukung pelaksanaan program strategis TANTE NELA PARIS. 

Dikatakannya, berkaitan dengan program Tante Nela Paris, ke depan ada sebagian program dan kegiatan melalui program strategis ini yang akan dilimpahkan ke desa. 

Di hadapan masyarakat Desa Bela, Wabup Raymundus menginformasiman terkait RAPBD Kabupaten Ngada Tahun 2022. 

Menurutnya, pada tahun 2022 mendatang sejumlah program strategis Tante Nela Paris akan dilakukan seperti pengadaan alsintan berupa traktor, alat pemecah kemiri dan alat pemetik cengkih. Untuk tahun 2021, melalui APBD Perubahan, pemerintah telah melakukan pengadaan traktor besar sebanyak 6 unit dan 50 unit handtraktor yang akan dibagikan ke Desa untuk dikelola melalui BUMDES.

Dikatakan Wabup Raymundus, dalam RAPBD tahun 2022, pemerintah mengalami keterbatasan fiskal, sehingga salah satu solusinya melalui pinjaman daerah.

 Dengan persetujuan DPRD, Pemerintah mengajukan pinjaman daerah sebesar Rp125 miliard ke Bank NTT setelah mendapat persetujuan selanjutnya dari Kemendagri dan Kementerian Keuangan RI. Pinjaman daerah ini katanya memang harus dilakukan sehingga kita bisa melaksanakan program Tante Nela Paris.

Wabup Raymundus, dalam kesempatan itu juga memberikan informasi terkait pelaksanaan PILKADES serentak tahun 2022 mendatang.

Menurut Wabup, pelaksanaan Pilkades serentak yang semula rencananya dilaksanakan pada tahun 2021, akan dilakukan di tahun 2022. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar  Rp2,8 miliard untuk Pilkades serentak pada  74 desa se Kabupaten Ngada yang akan melakukan Pilkades serentak. 

Diakhir arahannya, Wabup Raymundua meminta masyarakat Desa Bela untuk memberikan dukungan penuh kepada penjabat kepala desa Bela yang baru.

Hadir pada kegiatan itu, Ketua Komisi II DPRD Ngada, Syrilus Pati Wuli, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Ngada, Ny. Cecilia Sarjiyem Paru dan Ny. Blandina Mamo Bena, Kepala Dinas PMDP3A, Yohanes Watu Ngebu, Plt Kabag Prokopim Setda Ngada, Yoseph Kello, Camat Bajawa, Emanuel Rodja, para Kepala Desa se Langa raya, bersama segenap masyarakat Desa Bela.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment