Astaga! Harga Minyak Goreng di Manggarai Barat Capai Rp 105.000
Penulis: Andre Durung/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 03 Des 2021, 10:19:35 WIB Nusa Bunga
Astaga! Harga Minyak Goreng di Manggarai Barat Capai Rp 105.000

Kepala Dinas Perindag Mabar, Frans X.Sukur


Labuan Bajo, Florespos.net-Harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) belakangan ini terus mengalami kenaikan.

Salah satunya minyak goreng. Di pasaran Mabar kini telah mencapai Rp 105.000 per jerigen ukuran 5 liter dari sebelumnya dikisaran Rp 85.000 dengan ukuran yang sama.

Meroketnya harga minyak goreng ini diakui Frans X.Sukur, Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Perindustrian (Perindag) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Baca Lainnya :

Kepada Florespos.net melalui telepon, Kamis (2/12/2021) sore, Sukur mengatakan, kenaikan kebutuhan pokok terutama minyak goreng merek tertentu di hari-hari terakhir tergolong sudah sadis karena kenaikan terus menerus dan amat mahal.

Sukur mengatakan, saat ini harga minyak goreng merek tertentu di Mabar menyentuh angka Rp 105.000 per jerigen 5 liter. Sebelumnya Rp 85.000 dengan takaran yang sama.

Menurut Sukur, dari hasil pencekan lapangan, kenaikan harga minyak goreng tersebut terjadi karena belum ada pasokan dari industri/perusahan ke Mabar.

“Belum ada pasokan minyak goreng dimaksud dari industri luar Mabar, sebabnya belum tahu,” ujar Sukur.

Sukur mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi vertikal terkait yang ada di Mabar. Manakala dalam tempo yang sesingkat- singkatnya belum ada pemasukan minyak goreng itu, Pemkab Mabar akan segera melakukan operasi pasar.

Operasi pasar dimaksudkan untuk menekan kenaikan harga, agar tidak terjadi gejolak harga.

"Lagi pula sekarang masyarakat sedang mempersiapkan diri memasuki momen besar, akhir dan awal tahun, Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru Januari 2022," katanya.

Menyinggung harga Sembako (9 bahan pokok) lain jelang akhir 2021 dan awal tahun baru 2022, Sukur, mengaku masih dalam posisi stabil. Malah ada yang turun, antara lain telur ayam. Sebelumnya Rp 50.000/papan, kini Rp 48.000 per papan.

Sebelumnya, DPRD Mabar mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar melalu instansi teknis agar segera lakukan operasi pasar terhadap Sembako di daerah itu, termasuk minyak goreng, karena harganya sudah naik menjelang Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment