17 Seniman Seni Rupa Pamerkan Hasil Karyanya di Aula Dinas P dan K Ende
Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 20 Okt 2021, 12:05:11 WIB Nusa Bunga
17 Seniman Seni Rupa Pamerkan Hasil Karyanya di Aula Dinas P dan K Ende

Kelompok seni rupa Ola Pera Pati Art, Nduaria mengikuti pameran seni rupa bebas terbatas di Aula Dinas P dan K Ende, Rabu (19/10/2021).


Ende, Florespos.net - Sebanyak 17 perupa atau seniman seni rupa Nusa Tenggara Timur memamerkan puluhan karyanya di aula gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ende. Pameran yang dibuka oleh Bupati Ende, Djafar Achmad, Rabu ( 20/10/2021). Kegiatan  pameran  ini akan berlangsung hingga Jumat (22/10/2021).  Pameran seni rupa ini diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai bagian dari upaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan seni budaya di NTT.

UPTD Taman Budaya NTT  bertanggung jawab memberi ruang, kesempatan dan fasilitas bagi para seniman, pekerja seni atau penggerak budaya yang ada di NTT. 

Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Drs. Sofyan, MM mengatakan  bahwa Pameran Seni Rupa Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2021 merupakan kegiatan rutin tahunan dari UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diperuntukkan bagi pelaku seni rupa

Baca Lainnya :

Pada tahun 2020 kegiatan ini ditunda karena adanya pandemi Covid-19. Karena situasi dianggap mulai membaik, maka pada tahun 2021 ini UPTD Taman Budaya NTT bisa memfasilitasi sejumlah seniman seni rupa sedaratan Flores “Bebas Berbatas”_ menjadi judul pameran ini dengan kurator, Kuss Indarto dari Yogyakarta. Kata Sofyan, pameran seni rupa ini sendiri dianggap menjadi kegiatan positif bagi seniman dan publik seni.

 Januarius Manu, salah satu seniman peserta pameran dari Ende menyambut baik pameran "Bebas Berbatas" ini. 

Dikatakannya, di tengah situasi pandemi yang tidak menentu, dan aktivitas berkesenian  yang terganggu, pameran ini bisa menjadi pengisi jeda yang bermakna.

"Kebetulan saya juga belum pernah berpameran.  Selama ini banyak aktif sebagai seniman tatto yang bekerja di Labuhan Bajo dan Bali. Pandemi membuat aktivitasnya sebagai seniman tatto terhenti lebih dari 1,5 tahun. Dalam pameran ini dia ikut memamerkan karya drawing/gambar pensil di atas kertas," kata pria yang akrab disapa Rando.

Tampilkan Beragam Karya 

Dalam kegiatan pameran, "Bebas Berbatas" ini  para perupa menampilkan beragam teknik karya seni rupa. Ada seniman yang mengekspresikan diri dengan lukisan akrilik di atas kanvas ada pula yang membuat gambar atau drawing di atas kertas, lukisan di atas tripleks, objek-ojek benda dari kerang, patung kayu  dan lain-lain. 

Pameran ini sendiri dapat disaksikan untuk umum. Persisnya pada tanggal 20  Oktober 2021 yg dibuka secara resmi dan selesai  pembukaan dilanjutkan untuk sajian ke masyarakat umum dan pelajar utk menyaksikan pameran ini hingga tanggal 22 Oktober 2021. Masyarakat/pelajar dapat menonton pameran antara pukul 09.00 sampai 20.00 WITA. 

Dalam rentang waktu 3 hari itu diharapkan puluhan karya seni rupa yang dikreasi oleh para perupa NTT dapat dinikmati dan dikreasi oleh masyarakat Ende dan sekitarnya. Pengunjung tidak dipungut biaya apapun untuk menyaksikan pameran ini. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.