118 Desa di Flotim Sedang Melaksanakan Proses Pilkades Serentak
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 04 Okt 2021, 20:13:01 WIB Desa Kita
118 Desa di Flotim Sedang Melaksanakan Proses Pilkades Serentak

Sekretaris Dinas PMD Flotim, Paulus Petala Kaha


Larantuka, Florespos.net-Proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Flores Timur (Flotim), sedang berlangsung dan kini masuk tahapan kampanye penyampaian visi dan misi para calon. Suksesi Kepala Desa serentak tahun ini diikuti 118 desa.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Flotim, Paulus Petala Kaha ditemui Florespos.net di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021) mengatakan Pilkades serentak dilaksanakan pada 16 Oktober 2021.

Avi, demikian Paulus Petala Kaha biasanya disapa menjelaskan Pilkades di Flotim berdasarkan Keputusan Bupati No 258 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Keputusan Bupati No 208 Tahun 2021 tentang Tahapan dan Jadwal Pilkades Serentak Tahun 2021, tertanggal 16 Agustus 2021.

Baca Lainnya :

Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Flotim dan Panitia Pilkades tingkat Desa, kata Alvi, sudah melalui sejumlah tahapan awal mulai dari pembentukan Panitia Pilkades, sosialisasi persyaratan, tata cara dan proses penjaringan dan penyaringan bakal calon dan Penetapan Calon Kepala Desa.

“Setelah tahapan pencalonan dan penetapan calon, dilanjutkan kampanye visi dan misi dari kandidat yang berlangsung tanggal 10-12 Oktober 2021. Setelah itu masa tenang 3 hari dari tanggal 13-15 Oktober 2021. Pemungutan suara di 118 desa berlangsung serentak pada 16 Oktober 2021,” katanya.

Avi mengatakan, pasca pemilihan dan pemghitungan suara, dilakukan penetapan calon terpilih. Panitia Pilkades melaporkan hasil penghitungan suara kepada Badan Permusyawaratan (BPD) sesuai jadwal tanggal 17-24 Oktober 2021.

Setelah panitia Pilkades melaporkan hasil kepada BPD, selanjutnya BPD melaporkan hasil penghitungan suara kepada Bupati melalui Camat. Pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa Terpilih oleh Bupati dijadwalkan 31 Oktober hingga 29 November 2021.

Sedangkan bagi desa yang bermasalah dalam pesta demokrasi Pilkades akan mengikuti pemungutan dan penghitungan suara ulang. Kepala Desa terpilih dalam pencoblosan ulang akan mendapat pengesahan dan pengangkatan oleh Bupati Flotim yang dijadwalkan tanggal 7 November-6 Desember 2021.

“Pemerintah Flotim sangat mengharapkan proses Pilkades di tanah Lamaholot ini berlangsung kondusif dari tahapan awal hingga hari H pelantikan Kepala Desa terpilih,” kata Avi, mantan Camat Adonara Tengah itu.

Ketua Panitia Pilkades Desa Balaweling II, Kecamatan Solor Barat, Yulius Jawaama Kaha, kepada Florespos.net, Senin (4/10/2021) menginformasikan proses dan tahapan awal Pilkades di desanya sudah pada penetapan calon.

Menurutnya, panitia telah melakukan penjaringan, penyaringan bakal calon Kepala Desa. Dari belasan bakal calon setelah penyaringan ditetapkan 10 besar untuk dilakukan pendekatan apakah bersedia dicalonkan atau tidak.

Dalam pendekatan itu, ada 7 calon menyatakan tidak bersedia sehingga panitia menetapkan 3 nama setelah memenuhi persyaratan administrasi pencalonan. Tiga nama itu, Antonius Jatiama Keban, Vian Manuk dan Dance Keban.

“Kampanye pemaparan visi dan misi akan terjadi pada tanggal 10-12 Oktober 2021. Pemungutan dan penghitungan suara serentak pada tanggal 16 Oktober 2021,” kata Yus Kaha.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment