UMKM di Manggarai Barat Banyak yang Gulung Tikar
Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 14 Sep 2021, 13:13:30 WIB Nusa Bunga
UMKM di Manggarai Barat Banyak yang Gulung Tikar

Kepala Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM Mabar Frans.X.Sukur.


Labuan Bajo, Florespos.net - Tidak sedikit Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM)/ultra mikro di Kabupaten Manggarai Barar (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) gulung tikar, lebih-lebih peternak babi. Khusus peternak babi penyebabnya adalah wabah ASF (African Swine Fever) yang juga melandai dunia.

Demikian Kepala Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM Mabar, Frans.X Sukur di Labuan Bajo, Senin (13/9/2021). Ada bersamanya Kabid Koperasi dan UKM instansi tersebut, Andreas Paleng.

Menurut Sukur, berdasarkan data terkini pihaknya bahwa kelompok UMKM/ultra mikro di Mabar terkini 9.606, dan yang terbanyak usaha babi, disamping kuliner dan lain-lain. Khusus peternak babi, sudah banyak gulung tikar, mati karena penyakit ASF.

Baca Lainnya :

Sedangkan untuk kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UMK) yang total 2.731 sepertinya masih aman, karena belum ada laporan yang diterimanya sejauh ini tentang hal itu, kata Sukur.

Ditanya soal Koperasi yang mengalami kredit macet terdampak Covid-19 dan lain-lain belum ada laporan, tambah Sukur yang eks Kepala Bagian (Kabag) Organisasi lingkup Pemkab Mabar tersebut.

Nada yang sama diungkapkan Andreas Paleng. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment