Turun Harga Kemiri dan Cengkih di Mabar
Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 28 Sep 2021, 07:59:38 WIB Nusa Bunga
Turun Harga Kemiri dan Cengkih di Mabar

Camat Ndoso, Frans Tote.


Labuan Bajo, Florespos.net - Harga kemiri dan cengkih di Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menurun. Dugaan turun pasaran kedua komoditi karena hukum pasar.

Camat Ndoso, Frans Tote, mengatakan hal itu melalui telepon dari Ndoso kepada Florespos.net di Labuan Bajo, Senin (27/9/2021) malam.

Lebih jauh diungkapkan, saat ini warga Ndoso sedang memanen kemiri. Hasilnya cukup baik. Namun harga turun ke Rp25 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp28 ribu/kg.

Baca Lainnya :

Sedangkan cengkih harga terkini Rp90 ribu/kg dari sebelumnya Rp.115 ribu/kg. Sudah begitu hasilnya turun tajam. Mungkin akibat terpaan hujan dan angin saat berbunga beberapa bulan lalu.

"Tetapi cengkih ini mungkin naik lagi harganya dalam waktu dekat ini. Saya dengar begitu," kata Tote.

Sementara harga kopi biji dan beras di Ndoso saat ini, lanjut Tote, masih stabil. Beras masih Rp10 ribu/kg, dan kopi Rp30 ribu/kg. Khusus kopi, hasil tahun ini lumayan bagus dan baru selesai panen, katanya.

Menyinggung stok pangan dan daya beli masyarakat Ndoso, Camat Tote, mengungkapkan tidak ada masalah.

"Daya beli masyarakat bagus, karena masih panen kemiri dan baru selesai petik kopi. Jagung warga juga sudah tumbuh besar. Padi sawah pun begitu. Ndoso sekarang hujan terus dan berharap tidak terjadi bencana," kata Tote. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment