Puskesmas Kota Gelar Imunisasi Campak untuk Siswa SD di Tengah Pandemi Covid-19
Kontributor: Ferdinanda Meu/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 24 Sep 2021, 13:42:00 WIB Nusa Bunga
Puskesmas Kota Gelar Imunisasi Campak untuk Siswa SD di Tengah Pandemi Covid-19

Proses kegiatan pemberian imunisasi campak dan Measles Rubella (MR) pada siswa kelas 1 SDN Ende 5, Jumat (24/9/2021).


Ende, Floresposnet - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Kabupaten Ende, Puskesmas Kota tidak mengabaikan hak-hak kesehatan anak agar tidak terpapar penyakit lain. Melalui Puskesmas Kota, Dinas Kesehatan Kabupaten Ende melakukan imunisasi campak atau Measles Rubella (MR) untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Siprianus Roy, selaku pengelola imunisasi dari Puskesmas Kota mengatakan, imunisasi campak atau MR ditargetkan untuk semua siswa-siswi kelas 1 Sekolah Dasar (SD) di Kota Ende dan harus terlayani 100%. SDN Ende 5 merupakan sekolah ke dua yang melakukan program pemberian imunisasi campak dan MR, selanjutnya akan diselenggarakan di beberapa sekolah yang terdapat di kota Ende.


Baca Lainnya :

         Euprasia Umi, Wakil Kepala Sekolah SDN Ende 5.

"MR ini sebenarnya sudah dilakukan sejak anak pada usia 9 bulan, kemudian umur 24 bulan, lalu pada SD," kata Siprianus saat ditemui Florespos.net di SDN Ende 5, Jumat (24/09/2021).

Puskesmas Kota membagi 2 kelompok pemberi imunisasi campak agar dapat menyisir seluruh Sekolah Dasar (SD) yang terdapat di Kota Ende. Siprianus menambahkan kegiatan imunisasi campak ini dilakukan agar anak-anak terhindar dari penyakit campak dan rubella yang menyerang saluran pernapasan.

"Bagi anak-anak yang tidak dapat mengikuti imunisasi saat ini, nantinya puskesmas akan melakukan sweeping kembali dan juga dari kami telah mengambil data siswa mana saja yang belum menerima imunisasi campak," katanya.


Siprianus Roy, Penanggung jawab imunisasi  Camak di Puskesmas Kota Ende.

Euprasia Umi, Wakil Kepala SDN Ende 5 mengatakan, kegiatan imunisasi campak dan MR memang telah menjadi kegiatan wajib yang dilakukan oleh SDN Ende 5. 

"Kegiatan imunisasi ini rutin dilakukan setiap tahun untuk kelas 1 yang baru masuk, walaupun di masa pandemi pihak sekolah tidak menyampingkan kesehatan anak jadi ketika surat edaran dari puskesmas masuk, kami langsung dengan sigap menyelenggarakan imunisasi campak dan MR," kata Euparsia.

Euprasia menambahkan, tujuan dari sekolah menyelenggarakan kegiatan imunisasi ini untuk mencegah siswa-siswi kelas 1 terpapar dari penyakit campak dan rubella yang diketahui sebagai penyakit menular.

Sementara itu, Guru Kelas 1, Maria Goreti mengatakan terdapat 8 orang siswa yang tidak mengikuti kegiatan imunisasi dikarenakan alasan-alasan tertentu, ada yang sakit seperti batuk dan pilek serta ada yang tidak hadir.*  




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment