Pulau Pasir Rii Taa di Nagekeo, Surga Tersembunyi yang Belum Dijamah
Penulis: Arkadius Togo/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 06 Jun 2021, 14:50:52 WIB Wisata
Pulau Pasir Rii Taa di Nagekeo, Surga Tersembunyi yang Belum Dijamah

Pulau Pasir Rii Taa, di Kabupaten Nagekeo. Foto-Foto: IST


Mbay, Florespos.net-Destinasi wisata berbasis alam, bahari, budaya, religi di Kabupaten Nagekeo cukup banyak dan semuanya menjanjikan untuk dikelola dan dikembangkan secara lebih baik. Salah satunya, berada di Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa yang juga sangat sering dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Desa Tonggurambang memiliki destinasi wisata yang eksotik seperti Kolam Air Panas, Pantai Pasir Putih di Pulau Ri'i Ta'a, Pantai Ngurung Moreng, dan Gua Nipon. Pulau Ri’i Ta’a, memiliki pasir putih yang luas membentang dan keindahan terumbu karang alami yang mempesona. Selain itu, para wisatawan yang hendak ke pulau itu, disuguhi rerimbunan mangrove di sepanjang bibir pantai.

Meski memiliki destinasi wisata potensial, namun diakui Pemerintah Desa (Pemdes) Tonggurambang, bahwa secara umum belum dikelola dan dikembangkan baik oleh Pemdes maupun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setidaknya untuk dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat dari sektor ini.

Baca Lainnya :


“Pulau Pasir Ri’i Ta’a merupakan aset wisata yang ada di desa ini. Kami menyadari memang belum banyak yang bisa kami lakukan untuk pengembangan pariwisata di Tonggurambang. Kami minimnya anggaran pengembangan wisata,” ungkap Kepala Desa Tonggurambang, Toa Muallaf, kepada Florespos.net, Kamis (27/5/2021).

Dia menyadari pariwisata sebagai merupakan salah satu sektor yang bisa mendukung perekonomian masyarakat desanya. Beberapa perencanaan pembangunan objek wisata telah dirumuskan, seperti pembangunan infrastruktur jalan ke lokasi muara Aesesa yang menjadi tempat awal menuju Pulau Pasir Ri’i Ta’a.

“Beberapa perencanaan pembangunan objek wisata telah dirumuskan. Namun, keterbatasan anggaran menjadi kendala. Kita sebenarnya memiliki potensi wisata yang menjanjikan untuk dikembangkan,” kata Kades Toa Muallaf.


Kades Toa Muallaf mengatakan, meski dengan berbagai kendala terutama soal anggaran, pihaknya akan terus berupaya agar obyek-obyek wisata di Desa Tonggurambang bisa lebih bertumbuh dan berkembang. Pemkab Nagekeo, harap Kades Toa Muallaf, bisa membuka akses jalan ke Pulau Pasir Ri’i Ta’a diikuti pembangunan lainnya, seperti home stay, air bersih, dan jaringan listrik.

Setidaknya dengan begitu, surga tersembunyi di Pulau Pasir Ri’i Ta’a ini bisa dirasakan dan dinikmati baik oleh masyarakat lokal maupun oleh wisatawan domestic dan mancanegara.*

Catatan Redaksi: Tulisan ini telah dipublikasikan di media cetak Tabloid Flores Pos Net, Edisi Minggu I/Juni 2021.





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment