Pelatihan Pemandu Wisata Selam, Ini Keindahan Alam Bawah Laut Flotim
Penulis: Wentho Eliando/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 31 Jul 2021, 17:38:05 WIB Wisata
Pelatihan Pemandu Wisata Selam, Ini Keindahan Alam Bawah Laut Flotim

Panorama alam bawah laut di Pulau Waibalun, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim). Gambar-gambar ini diambilkan oleh para penyelam yang mengikuti pelatihan pemandu wisata alam selam yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flotim, Selasa-Sabtu (27-31/7/2021). Foto-Foto: Dok. Disparbud Flotim.


Larantuka, Florespos.net-Perairan Kabupaten Flores Timur (Flotim), terutama bawah lautnya memang indah dan menarik untuk diselami.

Aneka-ragam terumbu karang dan biota laut termasuk yang tergolong langkah seperti hiu putih dan parimanta, ada di bawah laut di salah satu kabupaten kepulauan di Provinsi Nusa Tenggera Timur (NTT) ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flotim, Petrus Pemang Liku kepada Florespos.net, Jumat (30/7/2021) mengatakan, potensi alam bawah laut, baik terumbu karang dari berbagai jenis dan bentuk maupun biota laut lainnya, seperti hiu putih dan parimanta tersebar hampir merata di wilayah perairan Flotim.

Baca Lainnya :

Pemang Liku mengatakan, berbagai potensi bawah laut tersebut perlu dieksplor terutama oleh para penyelam-penyelam agar dapat diketahui publik.


Alam bawah laut Pantai Besar, Kecamatan Larantuka persis di daerah Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Karena itu, Disparbud Flotim memandang sangat perlu dan penting untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) khususnya para penyelam profesional sesuai standar dan kompetensi untuk kemudian menjadi pemandu wisata sekaligus mengeksplore seluruh potensi bawah laut tersebut agar bisa diketahui oleh publik.

“Disparbud menyelenggarakan pelatihan pemandu wisata alam selam. Kegiatan ini sangat strategis bagi perkembangan wisata bahari yang telah menjadi daya tarik wisata minat khusus. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi bagi pemandu wisata selam,” katanya.

Sementara Penyelam Professional dari Maumere Diving Communiti (MDC) berbasis di Kabupaten Sikka, Yohanes Saleh dan Rio Legi yang didatangkan oleh Disparbud Flotim menjadi instruktur pelatihan pemandu wisata alam selam, kepada Florespos.net, Jumat (30/7/2021) mengatakan, potensi bawah laut Flores termasuk Kabupaten Flotim sangat bagus.


Panorama alam bawah laut di Pulau Waibalun, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Dia mengatakan, alam bawah laut Kabupaten Flotim sangat indah dan menarik. Dia mengaku melihat potensi bawah laut itu sebelumnya dan ketika melakukan penyelaman selama kegiatan pelatihan pemandu wisata alam selam yang digelar Disbudpar Flotim itu.

“Flores tidak hanya Labuan Bajo, ada Manggarai, Manggarai Timur, Bajawa, Ende, Nagekeo, Sikka, Flotim, Lembata dan Alor. Potensi wisata alam bawah laut kabupaten lain termasuk Flotim ini juga sangat luar biasa dan menarik,” katanya.

Penyelam Professional, Rio Legi menambahkan bahwa topografi bawah laut di Flotim, apalagi di Pulau Waibalun sangat berpotensi untuk penyelaman dan dikembangkan.

Selain alam bawah laut yang begitu indah dan menarik, Pulau Waibalun juga jaraknya sangat dekat dengan daratan Larantuka, ibukota Kabupaten Flotim.


Panorama alam bawah laut di Pulau Waibalun, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim).

“Potensi dan topografi bawah lautnya luar biasa. Jarak jangkau Pulau Waibalun juga dekat saja. Di bawah lautnya sangat bagus dan luar biasa. Belum lagi di Pulau Waibalun sendiri," katanya.

"Pulau Waibalun bisa dikelola dan dikembangkan menjadi lebih baik. Setiap tempat di Flotim punya daya tarik bawah laut yang luar biasa,” tambah Roy Legi.

Disaksikan Florespos.net, Jumat (30/7/2021), para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang dipandu instruktur selam dari MDC, Yohanes Saleh dan Roy Legi.

Selain teori, peserta langsung praktek selam dan mengabadikan alam bawah laut di sejumlah titik perairan laut Flotim yang memiliki potensi wisata alam seperti Pulau Waibalun, Pante Besar dan Pulau Mekko.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment