Paroki Santo Yosef Onekore Gelar Lomba Khotbah dan Tutur Kitab Suci
Kontributor: Ferdinanda Meu/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 14 Sep 2021, 20:09:27 WIB Nusa Bunga
Paroki Santo Yosef Onekore Gelar Lomba Khotbah dan Tutur Kitab Suci

Vista Lusi, peserta lomba tingkat OMK Paroki Santo Yosef Onekore sedang membuat video khotbah kitab suci, Selasa (14/9/2021).


Ende, Florespos.net - Dalam rangka mengisi bulan Kitab Suci Nasional pada bulan September 2021, Paroki Santo Yosef Onekore menggelar lomba khotbah dan tutur Kitab Suci secara virtual.

Pater Vitalis Nasrudin, selaku pendamping OMK Paroki St. Yosef Onekore mengatakan, ada dua kategori lomba yang diadakan oleh Paroki St. Yosef Onekore.

Baca Lainnya :

Untuk tingkat OMK mengikuti lomba khotbah dan untuk tingkat Kelas 4 hingga kelas 6 Sekolah Dasar (SD) mengikuti lomba tutur Kitab Suci. 

Periode perlombaan tingkat OMK telah dilaksanakan sejak awal bulan September dan batas waktu pengumpulan video akan berakhir, Rabu (15/9/2021).

Sedangkan, perlombaan tingkat SD, pengumuman dibukanya pendaftaran perlombaan baru dari hari Minggu (12/9/2021).

"Lomba ini diadakan agar bulan kitab suci ini dapat diisi dengan sesuatu yang kreatif dan dalam bulan kitab suci ini kan kita diajak untuk mendekatkan diri dengan kitab suci," kata Pater Vitalis, saat ditemui Florepos.net di Gereja St. Yosef Onekore, Selasa (14/9/2021).


Pastor Rekan Paroki Santo Yosef Onekore, Pater Vitalis Nasrudin, SVD sedang merekam video peserta lomba khotbah kitab suci tingkat OMK, Selasa (14/9/2021).


Diketahui lomba tingkat OMK dan tingkat SD berbeda. Dalam tingkat OMK, peserta akan mengikuti lomba khotbah Kitab Suci. Sedangkan dalam tingkat SD, peserta akan mengikuti lomba tutur Kitab Suci.

Pater Vitalis menjelaskan, jika kita yakin dengan mendekatkan diri pada Kitab Suci, itu sama halnya dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus.

Alasan untuk mengajak umat Katolik muda mengikuti lomba ini, yaitu karena dirinya sangat yakin dengan diadakannya lomba ini sekurang-kurangnya muncul kesadaran dari diri peserta atau umat yang mengikuti lomba tersebut untuk mengakrabkan diri dengan Kitab Suci. 

"Mekanisme perlombaan yaitu peserta membuat videonya sendiri, lalu videonya dikumpulkan ke kantor, kemudian dipublikasikan ke youtube. Untuk video perlombaan tingkat OMK akan diunggah ke dalam akun youtube OMK, sedangkan tingkat anak-anak SD diunggah ke akun youtube paroki," jelas Pater Vitalis.

Pater Vitalis menambahkan, untuk penilaiannya dilihat dari jumlah dukungan penonton video di youtube dengan jumlah skor 40%. Sedangkan 60% penilaian dari juri.

"Penilaian untuk setiap pesertanya akan dilakukan pada akhir september dan dilangsungkan juga pengumuman juaranya," ucap Pater Vitalis.

Vista Lusi, salah satu peserta lomba khotbah Kitab Suci tingkat OMK dari lingkungan 16 mengatakan, tema yang diangkat tentang kemunafikan dalam hidup beragama yang diambil dari injil Markus 7: 1-23.

"Tujuan saya mengambil tema ini mengajak orang di bulan Kitab Suci ini agar lebih rajin membaca Kitab Suci sebagai pedoman hidup sehingga tidak berlaku munafik, misalnya hari minggu ke gereja, sepulang dari gereja masih saja melakukan hal-hal negatif seperti omong nama orang atau suka menghakimi orang," ucap Vista. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment