Nominasi API 2021, DPRD Flores Timur Dukung Kampung Adat Lewoklouk
Penulis: Wentho Eliando/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 25 Agu 2021, 09:23:52 WIB Wisata
Nominasi API 2021, DPRD Flores Timur Dukung Kampung Adat Lewoklouk

Ketua DPRD Flotim, Robertus Rebon Kereta dan anggota pose bersama tetua adat di depan Korke Bale (Rumah Adat) usai melakukan vote SMS dukungan Kampung Adat Lewokluok, di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong, Senin (23/8/2021).


Larantuka, Florespos.net-DPRD Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memberi dukungan penuh dan motivasi bagi Kampung Adat Lewokluok, di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Dukungan DPRD itu tidak hanya melalui pernyataan, Mereka melakukan tindakan nyata. Ketua DPRD Flotim, Robertus Rebon Kereta, Senin (23/8/2021), memimpin langsung kunjungan kerja ke Kampung Adat Lewokluok, yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Larantuka, ibukota dan pusat Pemerintahan Kabupaten Flotim.

Ketua DPRD Robert Kereta dan para anggota, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flotim, Petrus Pemang Liku bersama staf dinas.

Baca Lainnya :

Tiba di Kampung Adat Lewokluok, Ketua DPRD dan anggota lainnya diterima secara adat oleh tetuah adat setempat dengan sapaan adat, tarian dan disematkan selendang terbuat dari kain tenun ikat.


Ketua DPRD Flotim, Robertus Rebon Kereta dan anggota diterima secara adat oleh tetuah adat Kampung Adat Lewokluok, Senin (23/8/2021).

Setelah itu, Ketua DPRD dan para anggota langsung dipandu menuju Rumah Adat setempat atau dalam bahasa adat Kampung Lewokluok disebut Korke Bale. Dalam areal Korke Bale, terdapat beberapa rumah suku yang ada dalam Kampung Adat Lewokluok. Mereka juga dikenakan pakai adat setempat.

Ketua DPRD, Robert Kereta kepada Florespos.net, di Larantuka, Selasa (24/8/2021), mengatakan, lembaga DPRD Flotim mendukung total Kampung Adat Lewokluok dan Kampung Adat Lewokluok, layak masuk nominasi API 2021.

“DPRD Flotim sangat mendukung Kampung Adat Lewokluok dalam ajang nominasi API Tahun 2021,” katanya.

Kampung Adat Lewokluok, kata dia, masih sangat memegang tradisi dan budaya yang diwariskan para leluhur. Tradisi itu tetap dirawat dan dijaga hingga saat ini.

Satu hal yang sangat menarik dan unik di Kampung Adat ini, yakni tradisi dan budayanya terjadi secara normal. Tidak terjadi hanya saat ada kunjungan atau iven tertentu, tetapi mengalir hidup dalam kehidupan masyarakat adat setempat.

“Salah satu yang bisa dilihat dan dirasakan, yakni soal tradisi menenun. Kami bisa melihat masyarakat adat setempat terutama kaum perempuan, duduk di rumah tenun dan membuat tenun ikat. Kegiatan tenun ini terjadi setiap Kamis dalam sepekan,” kata Robert Kereta.

Robert Kereta mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Flotim, baik di Flotim maupun di luar serta seluruh masyarakat Indonesia mendukung Kampung Adat Lewokluok dalam nominasi API 2021.

“Kunjungan kerja kemarin sebagai bentuk dukungan total dan motivasi dan ajakan bagi semua masyarakat di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong. Masyarakat Lamaholot, Flotim baik ada di sini (Larantuka), NTT, masyarakat Flotim yang ada di luar dan Indonesia, mendukung Kampung Adat Lewokluok dalam ajang nominasi API 2021,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flotim, Petrus Pemang Liku, dihubungi Florespos.net melalui telepon, Selasa (24/8/2021) membenarkan kunjungan kerja DPRD Flotim ke Kampung Adat Lewokluok.

Pemang Liku mengatakan, kunjungan kerja yang dipimpin langsung Ketua DPRD, merupakan salah satu bentuk dukungan yang sangat berarti bagi masyarakat adat Kampung Adat Lewokluok terutama dalam ajang nominasi API 2021.

“Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Flotim atas dukungan dan motivasi yang diberikan kepada masyarakat adat dan nominasi Lewokluok dalam ajang API 2021 kategori Kampung Adat,” katanya.

Selain dialog dengan masyarakat adat, Ketua DPRD dan anggota berkunjung ke rumah tenun. Mereka juga membeli hasil tenun ikat dan sejumlah souvenir yang ada di Kampung Adat Lewokluok.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Robert Kereta dan anggota secara bersama-sama memberi dukungan melalui Vote SMS Kampung Adat Lewokluok API 2021 langsung dari Kampung Adat Lewokluok.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment