Ketua DPRD Mabar: Pemerintah Biarkan Warga Konsumsi Air Kotor
Penulis: Andre Durung/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 05 Jun 2021, 12:03:26 WIB Politik
Ketua DPRD Mabar: Pemerintah Biarkan Warga Konsumsi Air Kotor

Ketua DPRD, Martinus Mitar


Labuan Bajo, Florespos.net-Ketua DPRD, Martinus Mitar menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) selama ini membiarkan warga sejumlah desa di Kecamatan Komodo mengonsumsi air kotor karena lengah mengurus air bersih bagi masyarakat setempat.

Penilaian itu disampaikan Martinus Mitar kepada wartawan di DPRD Mabar di Labuan Bajo, Jumat (4/6/2021).

Dia dimintai tanggapan terkait warga Desa Golo Tanggar, Compang Longgo dan lainnya di Kecamatan Komodo sampai sekarang masih mengkonsumsi air kali atau air selokan sawah yang kotor atau tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Lainnya :

Aliran air sepanjang air kali-kali tersebut bercampur kubangan, kotoran kerbau, tinja manusia dan lain-lain. Untuk air selokan konon sudah terkontaminasi dengan zat-zat kimiah seperti pupuk, sisa-sisa obat semprot dan sebagainya.

Martinus Mitar mengatakan, kondisi buruk minum/konsumsi air kotor tersebut tidak bisa dibiarkan karena alasan kemanusian dan kesehatan.

Karena itu, kata dia, mesti segera ditangan oleh Pemkab Mabar melalui dinas teknis terkait. Bisa dengan cara rutin mendroping air minum bersih dengan mobil tangki atau dalam bentul lain.

“Ini akibat pemerintah lengah. Terlalu bertahun-tahun membiarkan warga minum air kotor. Bahaya kalau begini,” ujar Martinus Mitar.

Secara terpisah Bupati Edistasius Ende ketika ditemui wartawan di Kantor Bupati Mabar di Labuan Bajo enggan berpendapat. "Sabar-sabar. Tunggu saya sekarang buka acara di BPS," kata Bupati Edi sambil menuju mobil dinasnya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.