Kabag Prokopim Setda Ngada Tutup Usia
Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 30 Jul 2021, 09:03:10 WIB Nusa Bunga
Kabag Prokopim Setda Ngada Tutup Usia

Bupati Ngada Andreas Paru, Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena,,Sekda Ngada Theodosius Yosefus Nono serta Kabag Ekonomi Setda Ngada Nikolaus Noywuli saat melayat almarhum Martinus P Langa di rumah duka, Jumat (30/7/2021).


Bajawa, Florespos.net - Kabar duka datang dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada. Kepala (Kabag)Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) atau yang  sebelumnya disebut Kabag Humas, Martinus P. Langa meninggal dunia.

Informasi meninggalnya Kabag yang dikenal sangat dekat dengan Wartawan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Ngada, Theodosius Yosefus Nono melalui group WA Satgas Covid-19 Kabupaten Ngada, Jumat (30/7/2021).

"Mat pagi teman2 saya baru mendapat telpon kabar dukacita saudara kita Martinus Penga, Kabag Admas baru saja meninggal dunia, RIP sahabatku terkasih, mohon maaf bila ada hal2 yg kurang berkenan, selamat jalan menuju yerusalem baru," tulis Sekda Tedy Nono.

Baca Lainnya :


                                                       Martinus P. Langa (Almarhum).

Keluarga Almarhum yang juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngada, Viany Siwe di rumah duka, Jumat  pagi (30/7/2021) kepada Florespos.net menjelaskan bahwa almarhum meninggal dunia sekitar pukul 05.00 pagi di kediamannya yakni di Kelurahan Tanalodu, Bajawa.

Sebagai keluarga yang juga tetangga dirinya disampaikan sesaat setelah dikabarkan meninggal.

Hari sebelumnya almarhum bertugas piket di Satgas penanganan dan pencegahan Covid-19 hingga pagi hari bersama teman-temannya.

Almarhum kemungkinan besar meninggal dunia akibat serangan jantung.

Tentang sosok Martinus Penga Langa oleh salah satu stafnnya, Yance Botha kepada Florespos.net di rumah duka mengatakan dirinya mengenal sosok almarhum  sejak SMA karena satu kompleks tempat tinggal di Kelurahan Kisanata. 

Pada tahun 2014 dirinya menjadi salah satu staf beliau pada Bagian Admas Setda Ngada. Selama menjadi staf, beliau  dikenal sebagai pribadi yang selalu ceria, tidak pernah marah dan selalu happy dan tenang dalam menghadapi pekerjaan dan berbagai masalah di lapangan. Canda tawa, lelucon selalu mewarnai suasana kerja kami di kantor.

"Totalitas sebagai seorang pemimpin ia tunjukkan selalu kepada kami bawahannya. Saya teringat pesan beliau kepada kami bahwa di dunia ini tidak ada yang lebih pintar atau hebat, sebab kita semua sama di mata Tuhan," ungkapnya.

Untuk itu dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor beliau ingatkan stafnya untuk selalu bekerja bersama-sama dan sama sama bekerja. Itu adalah kunci menuju keberhasilan dalam pekerjaan pesannya. Sebagai salah satu stafnya dia selalu memberikan kepercayaan kepada staf untuk melakukan suatu pekerjaan dengan tuntas dan tepat waktu.

Di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan yang merupakan salah satu bagian yang intensitas pekerjaannya sangat tinggi, semua teman-teman beliau libatkan dalam pekerjaan secara merata sesuai tupoksi masing-masing. Sebagai seorang Kabag Prokopim ia menunjukkan totalitas dalam kepemimpinannya. Tidak mengenal waktu demi kelancaran tugas pelayanan kepada masyarakat. 

"Ketika saya dan teman- teman stafnya terkena Covid-19, beliau langsung datang ke rumah hanya untuk sekedar mengantar susu dan vitamin kepada kami. Sungguh seorang pemimpin yang rendah hati dan mulia," kenangnya. 

 Rabu, 28 Juli 2021, saya terakhir bersama beliau melaksanakan tugas di bagian Prokopim Setda Ngada. 

Bersama  Wartawan Florespos.net Wim De Rozari sempat singgah di rumah untuk makan bersama. 

"Dia hanya meminta saya untuk membuat secangkir kopi, sedangkan saya bersama Pa Wim Derozari sempat makan bersama. Selanjutnya, kami menuju Puskesmas Langa untuk mengurus acara pemberkatan rumah karantina terpusat Covid 19 di Langa," tambahnya.

Rabu malam beliau tetap melaksanakan tugasnya di posko Covid-19 sampai dengan Kamis pagi 29 Juli 2021. Kamis pagi, beliau sempat menelpon dirinya untuk koordinasikan peresmian PAMSIMAS Desa Ratogesa dan merupakan  komunikasi terakhir dalam tugas.

"Jumat, 30 Juli 2021 saya kaget mendengar beliau pergi tinggalkan kami. Selamat jalan Bapak, Kakak, Teman dan sahabat sejati kami, Marthinus Penga Langa, kami akan selalu merindukan dan mendoakanmu selalu. Semoga Beristirahat Dalam Damai Tuhan," katanya sedih.

Mendengar kematian tersebut Bupati Ngada Andreas Paru, Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena,Sekda Ngada Theodosius Yosefus Nono serta sejumlah pimpinan perangkat daerah langsung mendatangi rumah duka.*   




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment