ENDE, FLORESPOS.net-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ende, NTT melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (Pencoklitan) data pemilih yang dilakukan oleh KPUD Ende.

Kordiv HP2H Bawaslu Ende, Miftah Faridl kepada Florespos.net, Rabu (26/6/2024) siang mengatakan Pencoklitan adalah kegiatan mencocokan data pemilih hasil sinkronisasi DP4 dengan DPT Pemilu sebelumnya dengan dokumen pemilih atau warga.

Dikatakannya dalam tahapan Pencoklitan tersebut masyarakat harus menyiapkan dokumen seperti KTP elektronik, KK, biodata kependudukan.

Bawaslu Ende dengan jajarannya berkomitmen melakukan pengawasan pada tahapan ini karena hak pilih merupakan elemen vital dalam berdemokrasi.

“Bawaslu Kabupaten Ende berkomitmen tinggi agar dalam pemilihan serentak seluruh warga yang memenuhi syarat untuk memilih mendapatkan hak pilihnya”.

“Bawaslu berkomitmen melakukan pengawasan melekat yaitu prosedur tepat, data akurat dan hak pilih terkawal,” katanya.

Diberitakan sebelumnya di media ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende mulai melakukan pemutakhiran data pemilih menjelang Pemilukada. Saat ini KPU Ende sudah menugaskan 818 petugas atau Pantarlih melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di lapangan.

Komisioner KPU Ende, Izmir Rizaldi kepada Florespos.net, Selasa (24/6/2024) mengatakan saat KPU Ende sudah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih yang dimulai dengan tahapan pencocokan dan penelitian.

Untuk tahapan tersebut, KPU Ende telah merekrut sebanyak 818 petugas yang diterjunkan ke lapangan melakukan pencoklitan.

“Petugas sudah mulai melakukan pencoklitan sejak Senin 24 Juni 2024. Sebelumnya para petugas sudah dibekali,” katanya.

Dikatakannya bahwa jumlah Pantarlih yang direktur tersebut berdasarkan pemetaan TPS yang mengacu pada DP4 Kabupaten Ende pada Pilkada 2024.

Pencoklitan data pemilih akan dilakukan selama satu bulan yaitu dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Pantarlih akan mendatangi rumah atau pemilih untuk melakukan pencocokan data yang dipegang terhadap identitas pemilih.

Pemilih yang belum masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih (D4) akan didaftarkan dalam format sebagai pemilih baru.

Untuk diketahui Daftar Pemilih Tetap (DPT) Ende pada pilpres dan pileg 2024 sebanyak 211.004 sedangkan DP4 yang diterima KPU Ende untuk Pilkada berkurang menjadi 207.758.

Terhadap perbedaan data tersebut, Izmir Rizaldi mengatakan bahwa DP4 tersebut belum final dan masih ada kemungkinan berubah setelah pencoklitan di lapangan.

“Hasil coklit itu baru akan diketahui. Bisa ada penambahan juga bisa kurang karena ada pemilih sebelumnya yang dalam rentang waktu ini sudah pindah dan ada warga yang baru berusia 17 tahun dan pensiunan TNI, Polri,” katanya.  *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *