ENDE, FLORESPOS.net-Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Ende, Provinsi NTT mencatat hewan kurban Idul Adha 1445 H/2024 di Ende mencapai 217 ekor.

Jumlah tersebut dengan rincian sapi sebanyak 171 ekor dan kambing sebanyak 46 ekor.

“Jumlah ini yang masuk dan terdata di PHBI Ende. Sedangkan menurut informasi yang diperoleh dari dokter hewan Dinas Pertanian yang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban saat penyerahan ke mesjid dan mushola jumlahnya melebihi data ini”.

Hal ini dikatakan oleh pengurus PHBI Ende, Lukman Pua Rangga saat memberikan pengumuman sebelum sholat Idul Adha di lapangan Pancasila Ende, Senin (17/6/2024) pagi.

Pantauan media ini ribuan jemaah muslim memadati lapangan Pancasila hingga jalan Soekarno dan Taman Renungan Bung Karno.

Sholat mulai dilaksanakan pada pukul 06.45 wita, dipimpin oleh H. Muhammad Nasir, imam masjid Jami Ar-Rabitha Kotaran dan Khatib Utama Ustad, H. Syamsudin Thalib, S.Pd, Kepala MTsN Ende.

Sejumlah tokoh muslim Ende ikut Sholat Idul Adha di lapangan Pancasila tampak Mantan Ketua MUI, Djamal Humris, Ketua PHBI Ende, Muhamad Tamrin Ismail, mantan Bupati Ende, Dja’far Achmad, Asisten 1 Setda Ende, Dahlan dan sejumlah tokoh muslim lainnya.

Khatib Utama, H. Syamsudin Thalib mengajak umat muslim tidak bangga dengan status sosial di dunia karena dihadapan Allah itu tidak berarti. Teruslah berbuat baik tanpa memandang orang dan jabatan di muka bumi ini.

Hikmah hari raya Idul Adha adalah membangun dan persatuan umat muslim di seluruh dunia dan khususnya di Kabupaten Ende.

“Mari kita jaga persaudaraan diantara sesama umat muslim dan juga umat beragama lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Pada kesempatan itu pemerintah daerah Kabupaten Ende mengucapkan selamat Idul Adha kepada umat muslim di Ende.

“Pemerintah mengucapkan selamat hari raya Idul Adha kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Ende”.

Ucapan selamat ini disampaikan oleh Asisten 1 Setda Ende, Dahlan mewakili PJ Bupati Ende, Dr. Agustinus Ngasu. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *