MAUMERE, FLORESPOS.net-Kapal Motor Penumpang (KMP) Semparong Jaya yang berangkat dari Pulau Sukun menuju Pelabuhan Wuring Maumere, Kabupaten Sikka, NTT mengalami mati mesin di perairan Pulau Sukun, Selasa (11/6/2024) pagi.

KMP Semparong Jaya melakukan pelayaran dari Pulau Sukun menuju Pelabuhan Wuring. Namun di tengah perjalanan, kapal yang membawa 18 orang penumpang itu mengalami mati mesin dan terombang ambing di perairan Pulau Sukun.

“Pada Selasa (11/6/2024) pukul 05.00 Wita, KMP Semparong Jaya berangkat dari Pulau Sukun menuju Pelabuhan Wuring Maumere. Di tengah perjalanan kapal mengalami mati mesin dan terombang ambing hingga melaporkan ke Tim SAR pukul 10.30 Wita,” kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan melalui keterangan tertulis yang diterima media ini, Selasa (11/6/2024) petang.

Ridwan menjelaskan, setelah menerima informasi tersebut pihaknya langsung memberangkatkan Tim SAR Gabungan menuju lokasi kejadian dengan mengerahkan alut Kapal SAR RB 212 Maumere.

Saat tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 13.00 Wita dan melakukan penyisiran,  Tim SAR bertemu dengan kapal yang melintas. Kru kapal yang melintas menyampaikan, kalau KMP Semparong Jaya telah ditarik dua kapal nelayan kembali ke Pulau Sukun.

“Mengetahui KMP Semparong Jaya telah kembali ke Pulau Sukun, RB 212 Maumere digerakkan menuju Pulau Sukun untuk memastikan keberadaan KMP Semparong Jaya,” kata Ridwan.

“Sekitar pukul 14.15 Wita, Tim sampai di Pulau Sukun dan bertemu dengan beberapa korban mati mesin KMP Semparong Jaya dan setelah dicek memang benar Kapal KMP Semparong Jaya yang mati mesin telah berlabuh kembali di Pulau Sukun dan seluruh korban dalam keadaan selamat dan sehat,” katanya.

Ridwan menyampaikan terima kasih dan aperesiasi tinggi kepada tim kapal nelayan yang berada di lokasi kejadian dan dengan sigap para nelayan tersebut menolong KMP Semparong Jaya.

“Tanpa mereka sadari mereka telah menjadi salah satu Tim SAR Gabungan pada operasi SAR kali ini,” katanya. *

Penulis: Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *