BAJAWA, FLORESPOS.net – Program “Landscape Approach to Sustainable and Climate Change Resilient Cocoa and Coffee Agroforestry (LASCARCOCO) yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat yang diwakili United States Agency for International Development (USAID) dan Pemerintah Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan kegiatan Workshop pemetaan aksi Kelompok Kerja  (Pokja) pengembangan kopi berkelanjutan di Kabupaten Ngada.

Kegiatan yang digelar di aula BP- Litbang Kabupaten Ngada dibuka oleh Plt Asisten II Setda Ngada, Methodius Reo Maghi, Jumat (31/5/2024).

Area Koordinator Program Lascarcoco (Off Farm) Flores-NTT Jansen Meko, SE, M.Pd menjelaskan, tujuan dari kegiatan Workshop pemetaan aksi Pokja ini adalah mempertajam isu dan kondisi komoditas kopi Kabupaten Ngada.

Selain itu, diharapkan lewat kegiatan ini dapat menghasilkan pemetaan peran dan aksi Pokja untuk penguatan dan pengembangan komoditi Kopi Kabupaten Ngada yang berkelanjutan dan bersinergi  serta memperkuat kerja lintas sektoral untuk pengembagan Kopi Arabica Flores Bajawa yang merupakan komoditas kebanggaan masyarakat Ngada yang  sudah mendunia.

Workshop yang dipandu oleh Kepala BPLitbang Kabupaten Ngada, Hilarius Sutanto ini dihadiri oleh para kepala dinas teknis Kabupaten Ngada, para camat, para kepala desa dan wakil petani dari 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bajawa, Golewa dan Golewa Barat yang merupakan anggota Pokja.

Dijelaskannya pula bahwa kehadiran LASCARCOCO mendukung sektor-sektor pembangunan baik nasional dan daerah.

Sejak Desember 2022, dalam teknis pelaksanaannya sebagai kerja kemitraan, PT. Olam Food Ingredients (OFI) dan Rikolto Indonesia, telah menjalankan aktifitas kegiatan program Lascarcoco ini di 5 kabupaten di 3 provinsi, yaitu Kabupaten Ngada dan Manggarai di tahun 2024 di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Simalungun dan Tana Karo di Provinsi Sumatera Utara, dan Kabupaten Luwu Utara di Provinsi Sulawesi Selatan.

Khusus di NTT kehadiran Program Lascarcoco terus menginisiasi kegiatan dan kerja kolaborasi untuk membangun dan memperkuat kerja sama lintas sektoral dengan seluruh elemen dalam rangka ikut mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Ngada terlebih khusus konsentrasinya pada pengembangan komoditi kopi.

Salah satu hasil inisiasi setelah membangun komunikasi dan komitmen bersama semua lintas sektor dan dengan dukungan penuh Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada melalui Bupati Ngada, pada tanggal 04 Desember 2023 telah ditetapkan Surat Keputusan Bupati Ngada, No: 817/Kep/ HK/2023 tentang Kelompok Kerja (POKJA) Pengembangan Kopi Berkelanjutan Di Kabupaten Ngada.

Setelah ditetapkannya Surat Keputusan (SK) ini, beberapa langkah tindak lanjut telah diambil agar Pokja yang ada tidak hanya sebagai wadah pelengkap tetapi ikut bertanggung jawab, menginisiasi, memfasilitasi dan mendukung keberlanjutan serta melakukan aksi nyata untuk pencapaian visi dan misi pemerintah daerah Kabupaten Ngada.

Setelah dilakukan sosialisasi POKJA secara resmi oleh Bupati Ngada Andreas Paru pada tanggal 30 Januari 2024 dengan melibatkan seluruh anggota Pokja OPD juga perwakilan pihak Kecamatan.*

Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *