ENDE, FLORESPOS.net-Pemerintah Kabupaten Ende, Provinsi NTT menyatakan siap menyukseskan tiga iven nasional yang akan dilaksanakan mulai Jumat 31 Mei hingga Minggu 2 Juni 2024.

Ketiga iven nasional itu antara lain Parade Pesona Kebangsaan, Upacara Memperingati Hari Lahir (Harla) Pancasila dan Rakor Jaringan Kota Tapak (Jaket) Soekarno.

Kesiapan Pemkab Ende menyukseskan tiga iven nasional ini telah disampaikan pada konferensi pers yang dilaksanakan di Rujab Bupati Ende, Jalan El Tari Kota Ende, Kamis (30/5/2024) siang.

Konferensi pers dihadiri langsung oleh  Pj Bupati Ende Dr.Agustinus Gaja Ngasu,  Plh  Sekda Ende Efraim Diakon, Asisten Administrasi serta penanggung jawab iven Hari Lahir Pancasila, Rakor Jaket  dan Parade Pesona Kebangsaan.

Pada  kesempatan tersebut, Pj Bupati Ende mengharapkan agar persiapan yang dilakukan nantinya membuahkan kesuksesan.

Momen Hari Lahir Pancasila, Jaket Bung Karno dan Parade Pesona Kebangsaan diharapkan memberi dampak yang baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dirinya mengatakan, sebagai tempat lahirnya Pancasila dengan lima butir hendaknya juga mencerminkan sikap toleransi yang selama ini telah ada.

“Karena itu, dengan momen peringatan hari lahir Pancasila masyarakat indonesia bisa belajar toleransi yang ada di Kabupaten Ende,” sebut dia.

Dengan digelarnya rangkaian kegiatan memperingati Hari lahir pancasila dan dua iven lainnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini.

“Selain juga sebagai momentum penguatan pembumian nilai – nilai Pancasila  rangkaian kegiatan Harlah Pancasila ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Gusti Ngasu sambil menambahkan, mengingat Kabupaten Ende di kunjungi 21 kota/kabupaten peserta tapak sejarah Bung Karno serta undangan lainnya dari luar daerah.

Dirinya sangat yakin, dengan kunjungan para peserta dan tamu lainnya, banyak sektor usaha seperti penginapan, transportasi, kuliner, Expo budaya, pameran UMKM, nantinya ada kunjungan ke Kelimutu serta kampung adat Nggela dan kampung adat Wologai Tengah yang nanti pasti ada geliat ekonomi disana.

Penanggungjawab Upacara Memperingati Harla Pancasila, Gabriel Dala mengatakan Presiden Kelima RI, Megawati Soekarno Putri dipastikan mengikuti upacara Harla Pancasila di Kota Ende. Pj Gubernur NTT akan menjadi Inspektur upacara (Irup) pada upacara ini. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *