ENDE, FLORESPOS.net-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende, NTT, menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2024. Jumlah pemilih dalam DP4 menurun dari DPT Pileg dan Pilpres lalu.

“Kami sudah terima DP4 yang diserahkan pemerintah melalui Kemendagri ke KPU RI dan diturunkan ke daerah,” kata Ketua KPU Ende, Wilhelmus Hermanto Lose kepada wartawan, Kamis (30/5/2024).

Hermanto Lose menyampaikan itu usai kegiatan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pilkada di Aula Bina Kerahiman, Kamis (30/5/2024) siang.

Hermanto Lose mengatakan DP4 yang diterima oleh KPU Ende untuk Pilkada Ende yaitu 207.759. Selain itu KPU Ende juga sudah menerima pemetaan TPS dan jumlah TPS sementara sebanyak 630.

Jumlah ini berkurang atau menurun dari Pilpres dan Pileg yang dilaksanakan 14 Februari 2024 lalu. Pada pemilu lalu DPT Ende 211.004 dan jumlah TPS sebanyak 983.

Hermanto Lose mengatakan, data ini masih bergerak karena akan dilakukan pencocokan dan penelitian di lapangan. KPU Ende juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ende sebelum penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024.

“Data ini termasuk pemilih potensial dan masih bergrak karena akan dilakukan pemutakhiran lagi,” katanya.

Hermanto Lose juga mengatakan sosialisasi PKPU nomor 2 tahun 2024 ini sangat penting agar diketahui oleh masyarakat tentang tahapan dan jadwal Pilkada.

Saat ini tahapan yang sedang dilakukan oleh KPU Ende yaitu pembentukan pantarlih untuk melaksanakan kegiatan pemutakhiran data pemilih. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *